Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Usai Akuisisi Pinehill, Indofood CBP (ICBP) Genjot Produksi di Luar Negeri

Kontribusi Pinehill yang memiliki sejumlah pabrik mi instan di luar negeri disebut belum akan signifikan pada tahun ini.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 23 September 2020  |  17:59 WIB
Dewan Direksi dan Komisaris PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. menyampaikan paparan publik mengenai kinerja dan strategi perseroan secara daring, Rabu (23/9 - 2020)
Dewan Direksi dan Komisaris PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. menyampaikan paparan publik mengenai kinerja dan strategi perseroan secara daring, Rabu (23/9 - 2020)

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konsumer PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. mengatakan kontribusi Pinehill Company Ltd. yang baru diakuisisi bulan lalu tidak akan terlalu besar terhadap kinerja perseroan tahun ini.

Direktur Indofood CBP Sukses Makmur Thomas Thjie mengatakan perseroan baru akan melakukan konsolidasi terhadap laporan keuangan Pinehill pada periode September 2020 - Desember 2020.

“Kontribusi Pinehill terhadap penjualan perseroan untuk tahun ini masih belum begitu besar karena hanya empat bulan operasional Pinehill yang dikonsolidasi,” kata Thomas dalam paparan publik, Rabu (23/9/2020).

Dia melanjutkan setelah emiten bersandi saham ICBP itu mengakuisisi Grup PInehill yang bergerak di industri pembuatan mie instan di Timur Tengah dan Afrika, ke depannya perseroan belum memiliki rencana untuk mengakuisisi produsen mie lain di luar negeri.

Namun demikian, ICBP akan terus menggenjot ekspansi pabrik baru di luar negeri melalui Pinehill selaku entitas anak perseroan.

“Dengan diakuisisinya Pinehill yang beroperasi di luar Indonesia, pengembangan akan terus dilakukan melalui Pinehill. Mengenai negara mana saja nanti akan diberitahukan lebih lanjut,” ujar Thomas.

ICBP resmi mengakuisisi Pinehill Company Limited (PCL) pada 27 Agustus 2020 setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham pada 3 Agustus 2020.

Pemegang saham ICBP menyetujui rencana akuisisi seluruh saham PCL dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). 

ICBP pun memperoleh fasilitas pinjaman sindikasi senilai US$2.050 juta untuk aksi akuisisi tersebut.

Manajemen perusahaan menyatakan, komitmen sindikasi pinjaman tersebut, digunakan untuk membiayai akuisisi Pinehill Company Ltd senilai US$2,99 miliar.

Mengacu pada kurs Jisdor pada Kamis (27/8/2020) di level 14.714 per dolar AS, maka transaksi akuisisi senilai US$2,99 miliar setara dengan Rp43,99 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indofood indofood cbp sukses makmur
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top