Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Tertekan ke Bawah US$1.900 Akibat Rebound Dolar AS

Harga emas spot sempat turun di bawah US$1.900 per troy ounce akibat menguatnya dolar AS.
Aneka emas batangan beragam ukuran dan bentuk. Harga emas dunia sempat anjlok ke bawah US$1.900 per troy ounce akibat penguatan dolar AS./Bloomberg
Aneka emas batangan beragam ukuran dan bentuk. Harga emas dunia sempat anjlok ke bawah US$1.900 per troy ounce akibat penguatan dolar AS./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas spot sempat anjlok ke bawah US$1.900 per troy ounce karena penguatan dolar mengurangi permintaan komoditas logam mulia.

Mengutip Bloomberg, harga emas spot turun 2,1 persen menjadi US$1.910,69 pada pukul 15:20 di New York. Emas Comex untuk pengiriman Desember turun 2,6 persen menjadi US$1.910,60, sedangkan harga perak spot turun 8,2 persen.

Pada perdagangan Selasa (22/9/2020) pukul 05.27 WIB, harga emas spot naik 0,04 persen atau 0,77 poin menjadi US$1.913,28 per troy ounce.

Adapun, harga emas Comex kontrak Desember 2020 meningkat 0,44 persen atau 8,4 poin menuju US$1.919 per troy ounce.

Sementara itu, indeks dolar AS naik 0,79 persen atau 0,73 poin ke level 93,656, setelah kemarin berkutat di posisi 92.

Indeks Spot Dolar Bloomberg menuju kenaikan terbesar sejak Juni, membuat komoditas yang dihargai dalam greenback lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Adapun, Bursa Saham jatuh di tengah kekhawatiran bahwa ekonomi akan terkena pembatasan virus corona yang lebih ketat.

"Ekuitas jatuh dan dolar menguat di tengah sentimen risk-off yang luas di pasar," kata Janet Mirasola, direktur pelaksana di Sucden Futures. "Emas adalah korban dari dolar yang lebih kuat."

Bullion telah melonjak 26 persen tahun ini dan mencapai level tertinggi sepanjang masa pada awal Agustus di tengah taruhan pada dolar yang melemah dan stimulus besar-besaran yang bertujuan untuk menghidupkan kembali ekonomi yang dilanda pandemi.

Reli tersebut telah menunjukkan tanda-tanda terhenti dalam beberapa pekan terakhir, dengan dolar yang tangguh dan kekhawatiran apakah AS akan mendorong melalui stimulus tambahan.

Menteri Kesehatan Jerman memperingatkan bahwa tren kasus di Eropa "mengkhawatirkan" di tengah ekspektasi bahwa pembatasan dapat segera diperpanjang ke London.

Mantan komisaris FDA AS Scott Gottlieb mengatakan dia mengharapkan bangsa itu mengalami "setidaknya satu siklus lagi" dari virus di musim gugur dan musim dingin.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell akan tampil di hadapan anggota parlemen pada Selasa. Fokus sidang kemungkinan akan jatuh pada kebijakan fiskal, dengan waktu yang semakin singkat bagi Kongres untuk menyetujui putaran lain dari langkah-langkah pengeluaran sebelum ditutup menjelang pemilihan November.

Investor juga beralih ke dolar sebagai tempat berlindung karena dibukanya lowongan Mahkamah Agung AS memicu kekhawatiran tentang pemilihan presiden Amerika yang semakin kontroversial.

Donald Trump mengatakan dia ingin keputusan pengadilannya dikonfirmasi sebelum pemilihan 3 November, meningkatkan tekanan pada Senat Partai Republik dan Mitch McConnell ketika pemimpin mayoritas berusaha melindungi anggotanya yang paling rentan.

"Pertarungan Mahkamah Agung yang membayangi telah mengurangi kemungkinan kesepakatan stimulus lain menjadi diabaikan, mendorong ekuitas lebih rendah dan mengirim pasar mengambil obligasi dan USD, yang semuanya menekan logam mulia," kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam di BMO Capital Markets.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper