Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibuka Menguat, Pasar Asia Susul Tren Positif Wall Street

Bursa Jepang dibuka menguat 1,5 persen disusul oleh indeks Kospi Korea Selatan yang menguat 0,8 persen.
Bursa Asia/ Bloomberg.
Bursa Asia/ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Mayoritas bursa Asia dibuka menguat pada perdagangan Senin (31/8/2020) ditengah kenaikan pasar Amerika Serikat yang kembali mencatatkan rekor kenaikan tertinggi harian.

Dilansir dari Bloomberg, indeks Topix Jepang mencatatkan kenaikan terbesar pada perdagangan hari ini. Bursa Jepang dibuka menguat 1,5 persen disusul oleh indeks Kospi Korea Selatan yang menguat 0,8 persen.

Sementara itu, indeks S&P/ASX 200 Australia terpantau turun tipis 0,1 pada perdagangan pagi ini. Bursa berjangka S&P 500 dibuka naik 0,5 persen hingga pukul 09.32 waktu Tokyo, Jepang.

Pergerakan pasar dunia menunjukkan tren positif seiring dengan pembukaan kembali kegiatan ekonomi dan komitmen bank sentral untuk terus memberikan kucuran stimulus fiskal.

Di sisi lain, lonjakan kasus positif virus corona masih terus terjadi, seperti di Amerika Serikat. Sementara India melaporkan lonjakan kasus harian terbesar seiring dengan angka kasus positif mencapai 25 juta orang di seluruh dunia.

"Meskipun China telah memberi sinyal adanya pemulihan ekonomi dari pandemi, para pelaku pasar masih meragukan laju pemulihan tersebut. ahl tersebut karena adanya gelombang kenaikan pasien virus corona baru secara global serta angka konsumsi yang stagnan dan kondisi pasar tenaga kerja yang buruk," jelas Alicia Garcia Herrero, Chief Asia Pacific Economist Natixis SA.

Sementara itu, tensi antara China dengan Amerika Serikat kian memanas. Pemilik aplikasi TikTok, ByteDance Ltd.kini diharuskan memiliki izin dari pemerintah China untuk menjual operasinya di Negeri Paman Sam.

Hal tersebut menyusul adanya pembatasan baru yang dilakukan China terkait ekspor teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper