Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Lusin Reksa Dana Kresna AM Disuspensi OJK, Bagaimana Kinerjanya?

Nilai aktiva bersih (NAB) seluruh reksa dana milik Kresna Asset Management yang saat ini tidak bisa dilakukan pembelian mencapai Rp2,49 triliun.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  15:00 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerapkan suspensi atas 24 produk reksa dana besutan PT Kresna Asset Management (KAM). Pihak manajer investasi mengklaim telah  tidak ada peraturan yang dilanggar dan tidak ada aduan dari nasabah terkait produk reksa dana yang dikelola.

Kemarin, dalam cara hari ulang tahun ke-43 pasar modal, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan suspensi merupakan bagian pembinaan dan pengawasan yang dilakukan OJK. Hoesen tidak menyebut secara rinci alasan suspensi tersebut. 

“Saya tidak bicara individual, ini bagian pembinaan dan pengawasan yang dilakukan OJK terkait dengan aspek-aspek di dalam market conduct. Ini yang memang kita belum bisa sharing hari ini terkait yang dilakukan,” paparnya, Senin (10/8/2020).

Di lain pihak, Kresna Asset Management menegaskan tidak terdapat pelanggaran peraturan pengelolaan seiring dengan suspensi 24 produk reksa dana perseroan OJK. Selain itu sampai dengan sebelum 5 Agustus 2020, perseroan tidak pernah mendapat teguran ataupun menerima pemberitahuan dari OJK.

“Adapun, hingga saat ini, perseroan senantiasa menjalankan dengan baik amanah nasabah dalam mengelola produk Reksa Dana tersebut dan tidak pernah mendapat keluhan/pengaduan dari nasabah pemegang unit penyertaan 24 Reksa Dana dimaksud,” tulis Manajemen Kresna AM dalam keterangan resminya, Senin (10/8/2020).

Lantas bagaimana kinerja reksa dana yang dikelola oleh Kresna Asset Management ?

Berdasarkan data OJK, per Juli 2020 nilai aktiva bersih (NAB) seluruh reksa dana milik Kresna Asset Management yang saat ini tidak bisa dilakukan pembelian mencapai Rp2,49 triliun.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi Kresna, ada lima fund fact sheet per Juli 2020 yang dipublikasikan oleh perseroan. Kelima produk itu yakni MRS Cash Kresna, MRS Bond Kresa, Kresna Indeks 45, Kresna Flexima, dan Kresna Prima. 

Kinerja kelima produk tersebut beragam. Sebanyak 2 produk mencatat kenaikan secara tahunan per Juli 2020 sedangkan 3 lainnya turun. Adapuns sejak produk diterbitkan, empat produk mencatat kenaikan cukup pesat berkisar 34,26 persen hingga 264,77 persen.

Reksa Dana Kresna Indeks 45 tercatat sebagai produk dengan dana kelolaan terbesar, yakni Rp201,30 miliar. Produk ini menempatkan dana di saham-saham dengan kapitalisasi besar, antara lain, Astra International Tbk, Bank Central Asia Tbk, dan Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

 Berikut kinerja 5 produk reksa dana Kresna Asset Management per Juli 2020.

Kinerja 5 Reksa Dana Besutan Kresna Asset Management
Nama ProdukJenis Reksa danaNAB (Rp miliar)Kinerja per Juli yoyKinerja sejak diterbitkan
MRS Cash KresnaPasar Uang10,046,10%34,26%
RD MRS Bond KresnaPendapatan Tetap188.61%184,65%
RD Kresna Indeks 45Indeks 201,30-20,20%264,77%
RD Kresna FleximaCampuran56-19,87%181,81%
RD Saham Kresna PrimaSaham8,26-10.06%-16,43%

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK kresna reksa dana
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top