Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Momentum, Bursa Asia Ditutup Menguat

Indeks Topix Jepang yang pagi tadi memimpin reli positif di Asia menutup hari dengan kenaikan 2,14 persen di level 1.555,66 Menyusul di belakangnya adalah indeks S&P/ASX 200 Australia yang ditutup menguat 1,88 persen dan bertengger di 6.037,60.
Exchange Square di Hong Kong./ Justin Chin - Bloomberg
Exchange Square di Hong Kong./ Justin Chin - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Asia melanjutkan pergerakan positif sejak pagi tadi dan untuk pertama kalinya menutup perdagangan Agustus 2020 di zona hijau.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (4/8/2020), indeks Topix Jepang yang pagi tadi memimpin reli positif di Asia menutup hari dengan kenaikan 2,14 persen di level 1.555,66 Menyusul di belakangnya adalah indeks S&P/ASX 200 Australia yang ditutup menguat 1,88 persen dan bertengger di kisaran 6.037,60.

Hal serupa juga terjadi di Korea Selatan dimana indeks Kospi naik 1,29 persen di level 2.279,97. Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong terpantau naik 2,19 persen di level 24.993,91 dan pasar Shanghai Composite di China menguat tipis 0,05 persen di 3.369,64.

Perdagangan hari ini ditopang oleh munculnya kabar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang akan menambah insentif untuk mendukung pengangguran di Negeri Paman Sam. Hal tersebut memberi dorongan pada pasar AS yang diikuti oleh pergerakan positif bursa Asia.

Sementara itu, perlambatan kenaikan jumlah kasus positif virus corona juga turut menjadi katalis positif pada pembukaan pasar Asia hari ini. Managing Principal Spectrum Management Group, Bob Phillips mengatakan momentum-momentum tersebut pada akhirnya membawa pasar pada area overbought.

“Ada keinginan yang besar dari kedua partai di AS untuk meloloskan paket insentif terbaru. Melihat dari reaksi pasar, sepertinya insentif memang ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar,” jelasnya.

Sementara itu, hubungan antara China dan AS semakin memanas setelah Trump menyatakan TikTok harus menutup usahanya di AS sebelum tanggal 15 September. Hal ini dapat berubah jika TikTok bersedia menjual seluruh kegiatan operasinya pada perusahaan asal AS. Microsoft Corp. mengakui pihaknya tengah dalam proses perundingan untuk membeli kegiatan operasi TikTok di Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper