Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bidik Pendapatan Baru, Wintermar (WINS) Lakukan Ekspansi Internasional

Wintermar memacu ekspansi ke sejumlah negara seperti Brunei, Myanmar, Malaysia, Thailand, dan Afrika.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  17:15 WIB
Ilustrasi - wintermar.com
Ilustrasi - wintermar.com

Bisnis.com,JAKARTA— Emiten pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk. menerapkan sejumlah kebijakan untuk bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Direktur Keuangan Winterma Offshore Marine Janto Lili menuturkan perseroan meningkatkan utilisasi lewat sumber pendapatan baru. Salah satunya dengan ekspansi internasional ke sejumlah negara.

“[Ekspansi internasional] Brunei, Myanmar, Malaysia, Thailand, dan Afrika,” ujarnya dalam paparan publik secara daring, Kamis (23/7/2020).

Janto mengungkapkan perseroan juga menyediakan jasa layanan baru berupa seismik, penyelaman, dan ROV. Selain itu, perusahaan juga mengamankan kontrak jangka panjang untuk menjaga arus kas.

Di sisi lain, dia menyebut emiten berkode saham WINS itu juga melakukan efisiensi biaya untuk mendorong laba kotor. Strategi yang dilakukan dengan mengurangi staf darat dan merekstrukturisasi.

“WINS juga menjual kapal-kapal tua, mengurangi armada dari 59 ke 47 kapal,” jelasnya.

Lebih lanjut, WINS juga mengurangi pinjaman dan menjadwalkan pinjaman jangka waktu pendek menjadi jangka panjang. Perseroan berupaya menjaga net gearing di level 38 persen.

“Level net gearing perseroan saat ini di bawah 38 persen. Pinjaman jangka pendek dalam denominasi dolar Amerika Serikat telah berhasil direstrukturisasi menjadi pinjaman jangka panjang,” ujarnya.

Janto menyebut pengalaman perseroan yang telah beroperasi di manca negara akan memberikan kesempatan dan potensi pasar yang lebih luas selain Indonesia. Permintaan dan pasokan kapal offshore atau lepas pantai telah berimbang.

“Mengingat pesanan pembangunan kapal akan tetap lesu beberapa tahun ke depan, harga sewa diperkirakan akan mulai naik akhir tahun dengan meningkatnya kegiatan eksplorasi,” tuturnya.

WINS melaporkan baru merealisasikan rencana belanja modal atau capital expenditure (capex) US$300.000 hingga akhir semester I/2020. Perseroan menargetkan capex US$3,5 juta pada 2020 namun tidak berencana melakukan pembelian kapal baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspansi wintermar offshore marine
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top