Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Surya Citra Media (SCMA) Catat Realisasi Buyback Rp519,59 Miliar

Realisasi pembelian kembali saham yang dilakukan oleh Surya Citra Media mencapai 568,39 juta lembar saha. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan rencana sebanyak-banyaknya 2,95 miliar lembar saham.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  17:35 WIB
Proses syuting sebuah program televisi di stasiun tv SCTV, salah satu stasiun tv yang dikelola PT Surya Citra Media Tbk. - scm.co.id
Proses syuting sebuah program televisi di stasiun tv SCTV, salah satu stasiun tv yang dikelola PT Surya Citra Media Tbk. - scm.co.id

Bisnis.com, JAKARTA—PT Surya Citra Media Tbk. telah merealisasikan rencana pembelian kembali saham atau buyback dengan total 568.398.000 saham senilai Rp519,69 miliar.

Corporate Secretary SCMA Gilang Iskandar mengatakan realisasi ini seiring dengan disetujuinya rencana buyback melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan pada tanggal 5 Desember 2018 dan Keterbukaan Informasi Rencana Pembelian Kembali Saham Perseroan tanggal 9 Juni 2020 lalu.

“Kami sampaikan bahwa perseroan telah melaksanakan pembelian kembali saham perseroan, sejak 5 Desember 2018 sampai dengan 30 Juni 2020 sebanyak 568.398.000 saham atau 3,84 persen dari modal disetor,” demikian tulisnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Kamis (2/7/2020. 

Total biaya pembelian kembali atas 568.398.000 saham tersebut berkisar Rp519.69 miliar.  Sebelumnya, pada keterbukaan informasi 9 Juni 2020, perseroan menyatakan bakal melakukan buyback sebanyak-banyaknya 2.954.934.460 saham atau paling banyak 20 persen dari modal disetor dalam perseroan dalam rangka meningkatkan nilai pemegang saham.

Sementara untuk biaya buyback berasal dari saldo laba perseroan yang mana keputusan tersebut tidak akan menyebabkan kekayaan bersih perseroan menjadi lebih kecil dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh ditambah cadangan wajib yang telah disisihkan.

Per tanggal 31 Maret 2020, saldo laba SCMA tercatat sebesar Rp4,09 triliun dan dari jumlah tersebut yang akan digunakan untuk membiayai Pembelian Kembali Saham adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp 500 miliar.

Manajemen perseroan juga menyatakan dampak dari pelaksanaan buyback saham adalah hilangnya pendapatan bunga atas dana yang digunakan untuk pembelian kembali saham perseroan.

“Namun, direksi berkeyakinan bahwa pelaksanaan buyback, tidak akan mempengaruhi pembiayaan kegiatan usaha perseroan, mengingat perseroan mempunyai modal kerja dan arus kas yang cukup dan memadai untuk melaksanakan buyback termasuk pembiayaan kegiatan usaha perseroan,” tulis manajemen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buyback surya citra media
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top