Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Kuartal I/2020 : Laba Digital Mediatama (DMMX) Meroket

Pertumbuhan laba Digital Mediatama Maxima melesat seiring dengan peningkatan pendapatan yang tumbuh lebih dari 400 persen.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  13:00 WIB
Direktur Utama Digital Mediatama Maxima Budiasto Kusuma menyerahkan cindera mata kepada Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi setelah resmi mencatatkan saham perseroan dengan kode DMMX di Mainhall BEI, Senin (21/10/2019). - Bisnis - Dwi Nicken Tari
Direktur Utama Digital Mediatama Maxima Budiasto Kusuma menyerahkan cindera mata kepada Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi setelah resmi mencatatkan saham perseroan dengan kode DMMX di Mainhall BEI, Senin (21/10/2019). - Bisnis - Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten digital Grup Kresna, PT Digital Mediatama Maxima, mencatatkan kinerja mengesankan selama kuartal /2020. Pendapatan dan laba perseroan meroket berkat peningkatan pesat dari sisi operasional.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2020, emiten bersandi saham DMMX ini mencatat  laba bersih senilai Rp8,81 miliar atau meroket 492,69 persen dibandingkan dengan posisi 31 Maret 2019. Perolehan laba tersebut tidak terlepas dari kinerja pendapatan yang juga tumbuh 478,82 persen menjadi Rp85,23 miliar.

Manajemen DMMX menyebutkan pertumbuhan ekspansi bisnis trade marketing lewat Pojok Bayar dan iklan cloud digital menjadi penopang utama bisnis perseroan. 

“Peningkatan jumlah layar yang tersebar di bawah Managed Services juga turut mendorong pendapatan penjualan perangkat keras DMMX pada kuartal I/2020 sebesar hampir dua kali lipat menjadi Rp17,3 miliar,” tulis manajemen DMMX seperti dikutip pada Jumat (12/6/2020).

Adapun, Managed Services merupakan bagian dari lini bisnis iklan cloud digital bersama Infrastructure as a Services. Penyedia iklan cloud digital  yang merupakan bisnis inti DMMX tercatat tumbuh 64,6 persen menjadi Rp6,4 miliar pada kuartal I/2020.

Hingga akhir Maret 2020, penyediaan dukungan layanan dan/atau penyewaan layar yang terpasang di lokasi klien tercatat lebih dari 9.700 layar atau tumbuh 68,9 persen secara tahunan.

Sementara pada April sampai dengan pertengahan Mei, DMMX menyebut telah menambah lebih dari 300 layar yang dipasang di lokasi klien, seperti minimarket dan rumah sakit.

Dari lini bisnis trade marketing, DMMX mencatat peningkatan pengguna Pojok Bayar menjadi lebih dari 59.000 pada Mei 2020. Adapun, relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang pada Juni 2020 diharapkan menjadi momentum ekspansi bisnis seiring dengan pemulihan ekonomi.

“Melihat tren masa depan, DMMX mulai menilai kemungkinan untuk mengembangkan bisnis digital cloud signage sebagai bagian dari Office Solutions guna mendukung implementasi "New Normal" bagi para UKM,” tulis manajemen DMMX.

Di lantai bursa, saham DMMX diperdagangkan pada level Rp129 atau naik 2,38 persen hingga akhir sesi pertama perdagangan, Jumat (12/6/2020). Dalam periode berjalan, harga saham DMMX tergerus 47,98 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten kresna graha investama
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top