Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bursa Asia Awali Pekan Kedua Bulan Juni dengan Reli Positif

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (8/6/2020), Indeks Topix Jepang memimpin reli positif bursa Asia dengan naik 0,7 persen disusul oleh Shanghai Composite dan Hang Seng Hong Kong yang masing-masing naik 0,3 persen dan 0,2 persen.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  12:31 WIB
Bursa Asia -  Bloomberg.
Bursa Asia - Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar saham Asia mengawali pekan kedua bulan Juni dengan hasil positif seiring dengan laporan pekerjaan AS yang melampaui ekspektasi dan memperbesar harapan terjadinya pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (8/6/2020), Indeks Topix Jepang memimpin reli positif bursa Asia dengan naik 0,7 persen disusul oleh Shanghai Composite dan Hang Seng Hong Kong yang masing-masing naik 0,3 persen dan 0,2 persen.

Di sisi lain, Indeks Kospi Korea Selatan tidak mengalami banyak perubahan setelah sempat menunjukkan tren penguatan. Sementara indeks berjangka S&P 500 bergerak datar setelah mencatatkan kenaikan dalam tiga minggu sebelumnya.

Perhatian investor saat ini berada pada pertemuan bank sentral AS, The Federal Reserve, yang kemungkinan akan kembali melancaran sejumlah kebijakan untuk mendukung perekonomian AS.

Sementara itu, pemerintahan negara-negara mulai melakukan pelonggaran karantina virus corona untuk kembali meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menekan penyebaran pandemi ini.

“Pasar merespon positif angka penurunan kasus virus corona di sejumlah negara dengan keuatan ekonomi yang besar serta kenaikan angka konsumsi seiring dengan pelonggaran lockdown. Tetapi, dengan membeli saham pada harga sat ini, investor memperkirakan terjadinya pemulihan ekonomi Keynesian pada paruh kedua tahun ini,” demikian kutipan laporan dari Gavekal Research.

Sementara itu, harga minyak mentah flukuatif pada hari ini seiring dengan prospek kenaikan harga yang berlanju setelah tresn serupa terjadi selama enam pekan beruntun. Pada akhir pekan lalu, OPEC menyetujui perpanjangan pemangkasan produksi minyak selama satu bulan ke depan.

Berikut adalah pergerakan pasar lainnya

Mata uang

Yen Jepang terpantau stabil di kisaran 109,5 per dolar AS

Yua China tergelincir 0,2 persen ke 7,0826 per dolar AS

Nilai euro berada di level $1.1291.

Poundsterling Inggris naik 0,3 persen ke US$1,2708

Obligasi

Imbal hasil obligasi AS, US Treasuries tenor 10 tahun terpantau di 0.90 persen

Imbal hasil obligasi tenor 10 tahun milik Jepang berada di angka 0.04 persen.

Komoditas

Harga minyak West Texas Intermediate naik 1% ke $39.97 per barrel.

Harga emas terpantau di $1.689 per ons.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bursa Asia bursa global EKONOMI ASIA
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top