Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Energi Positif, Indeks Stoxx Europe 600 Lanjutkan Penguatan

Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Kamis (23/4/2020) di tengah pulihnya harga minyak dan data klaim pengangguran AS yang sedikit lebih baik dari perkiraan.
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Kamis (23/4/2020) di tengah pulihnya harga minyak dan data klaim pengangguran AS yang sedikit lebih baik dari perkiraan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,9 persen atau 3,1 poin ke level 333,24, dengan sektor energi dan perbankan. Indeks sempat melemah 0,5 persen setelah data PMI zona euro yang mengecewakan.

Laporan keuangan emiten masih menjadi sorotan. Saham Unilever melemah 1,7 persen setelah merevisi proyeksi untuk tahun 2020 dan melaporkan penjualan kuartal I/2020 yang cenderung datar.

Sementara itu, saham Volvo AB melemah 5,3 persen setelah membukukan penurunan penjualan dan peringatan tantangan di depan.

Bursa saham Eropa mengalami pekan yang fluktuatif dengan pasokan minyak mentah berlebih dan laporan keuangan emiten menjadi fokus di tengah kekhawatiran mengenai dampak virus corona terhadap perekonomian.

Laporan aktivitas ekonomi dan sentimen yang melemah memberikan proyeksi suram bagi para pemimpin di Eropa yang akan membahas rencana stimulus penyelamatan sebesar 2 triliun euro (US$2,2 triliun) untuk membantu meredam tekanan dari wabah virus corona.

Sementara itu, data klaim pengangguran awal AS yang lebih baik dari perkiraan analis memberikan dorongan dalam perdagangan sore.

"Laporan ekonomi dan triwulanan akan terus memainkan peran penting untuk perdagangan Eropa hari ini," kata Andreas Lipkow, analis di Comdirect Bank, seperti dikutip Bloomberg.

“Namun, yang terburuk mungkin belum berakhir. Bahkan jika sejumlah negara melonggarkan lockdown, konsekuensi terhadap ekonomi masih belum terlihat jelas,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper