Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ECB Umumkan Dana Darurat, Bursa Eropa Menguat

Bursa saham Eropa ditutup berbalik menguat pada perdagangan hari ini, Kamis (26/3/2020) setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan program dana darurat yang akan menghilangkan batas pembelian obligasi.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  02:26 WIB
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup berbalik menguat pada perdagangan Kamis (26/3/2020) setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan program dana darurat yang akan menghilangkan batas pembelian obligasi.

Dengan hilangnya batas pembelian obligasi, bank sentral memiliki amunisi yang hampir tak terbatas untuk melawan dampak virus corona (COVID-19) terhadap perekonomian zona euro.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 2,55 persen atau 8 poin ke level 321,38. Sementara itu, indeks FTSE MIB Italia dan IBEX 35 Spanyol menguat masing-masing 0,7 persen dan 1,3 persen.

Dilansir dari Bloomberg, investor mengantisipasi rencana anggota parlemen Uni Eropa untuk menyepakati anggaran dana darurat yang akan digunakan untuk meredam dampak virus corona terhadap perekonomian.

Terlepas dari upaya bank sentral yang belum pernah terjadi sebelumnya, para pelaku pasar masih waspada terhadap meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Berdasarkan data worldometers.info, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah melampaui 520,000 kasus dengan total korban meninnggal mencapai 23.000.

"Investor perlu tetap waspada terhadap bagaimana laju pertumbuhan kasus baru dan bagaimana respons pemerintah nantinya," kata Oliver Blackbourn, manajer portofolio multi-aset di Janus Henderson Investors, seperti dikutip Bloomberg.

"Paket dukungan akan membantu meredakan kekhawatiran terhadap kemungkinan hasil ekonomi terburuk bagi individu dan perusahaan,” lanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top