Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BOE Tingkatkan Program Pembelian Obligasi, Bursa Eropa Rebound

Bursa Eropa berhasil rebound ke zona hijau dan ditutup melonjak hampir 3 persen pada perdagangan Kamis (19/3/2020), didorong upaya otoritas negara-negara di dunia untuk meredakan kekhawatiran investor.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  05:16 WIB
Stoxx. - Alex Kraus / Bloomberg
Stoxx. - Alex Kraus / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Eropa berhasil rebound ke zona hijau dan ditutup melonjak hampir 3 persen pada perdagangan Kamis (19/3/2020), didorong upaya otoritas negara-negara di dunia untuk meredakan kekhawatiran investor.

Pergerakan indeks Stoxx Europe 600, yang mewakili saham perusahaan-perusahaan di 17 negara kawasan Eropa, berakhir naik tajam 2,91 persen di level 287,80, setelah ditutup di level 279,66 dengan kemerosotan 3,92 persen pada perdagangan Rabu (18/3/2020).

Rebound ini terjadi setelah sesi perdagangan yang suram pada Rabu, terbebani meningkatnya kekhawatiran seputar dampak wabah penyakit virus corona (Covid-19) terhadap ekonomi.

Pada Rabu (18/3/2020), Presiden AS Donald Trump menandatangani rancangan undang-undang (RUU) paket bantuan, yang telah disetujui sebelumnya oleh Senat, untuk menjamin cuti sakit dan mendukung para pekerja yang jatuh sakit.

Sementara itu, European Central Bank (ECB) meluncurkan program pembelian obligasi darurat senilai 750 miliar euro atau US$820 miliar sebagai bagian dari upaya menenangkan pasar dan melindungi ekonomi kawasan euro yang berjuang mengatasi dampak virus corona.

Di Inggris, Bank of England (BOE) pada Kamis (19/3) memangkas suku bunganya dengan besaran 15 basis poin menjadi 0,1 persen dan meningkatkan program pembelian obligasi.

“Investor sedang mencermati tsunami fiskal yang akan datang dan implikasi bank-bank sentral melakukan segala upaya,” ujar Ed Campbell, manajer portofolio dan direktur pelaksana di QMA.

“Kita melihat beberapa stabilisasi hari ini,” tambahnya, seperti dikutip Bloomberg.

Di antara indeks saham pendongkrak Stoxx pada Kamis adalah indeks CAC 40 Prancis (+2,68 persen), indeks FTSE 100 Inggris (+1,40 persen), dan indeks DAX Jerman (+2 persen).

Sementara itu, saham M&G PLC. mencatat kenaikan terbesar pada indeks Stoxx (+34,44 persen), disusul saham SSP Group PLC. (+29,31 persen) dan Hiscoux Ltd. (+26,59 persen).

Namun di tengah kebangkitan indeks, sejumlah saham tetap tertekan, di antaranya saham AIB Group PLC. yang mencatat koreksi tertajam sebesar 23,96 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa Virus Corona
Editor : Hafiyyan
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top