Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bio Farma Masih Koordinasi untuk Kembangkan Vaksin Corona

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan bahwa perusahaan akan mengembangkan vaksin corona setelah memiliki sampel.
Honesti Basyir/Antara
Honesti Basyir/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bio Farma (Persero) masih berkoordinasi dengan sejumlah lembaga penelitian untuk mengembangkan vaksin corona.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan bahwa perusahaan akan mengembangkan vaksin corona setelah memiliki sampel dari dua warga negara Indonesia (WNI) yang terpapar corona. Divisi riset dan pengembangan akan melakukan penelitian lebih lanjut dari sampel yang ada.

“Selama ini kan belum ada kasus di Indonesia, jadi kami tidak bisa dapat sampelnya. Sekarang sudah ada, sekarang saya lagi koordinasi dengan pak Menteri [Kesehatan], kami mungkin akan diberi kesempatan untuk meneliti itu,” jelasnya di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Dia mengatakan proses pengembangan vaksin akan memakan waktu cukup lama, sekitar 10—15 tahun. Namun, proses itu bisa lebih cepat sekitar 2—3 tahun jika pengembangan vaksin sudah masuk dalam emergency policy.

“Tapi kalau kerja sama dengan berbagai lembaga penelitian mungkin ada shortcut. Misal ada lembaga riset yang sudah tahap 1, tapi mungkin mereka tak punya kapasitas melanjutkan. Jadi memang harus ada koordinasi, kalau seandainya sudah ada yang ke tahap 2, bisa 2—3 tahun lebih cepat,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Word Health Organization (WHO) untuk menerapkan standar penanganan dini virus corona.

Di sisi lain, dia mengatakan sambil menunggu adanya vaksin corona, dia mengatakan Bio Farma memiliki vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Sambil nunggu vaksin corona, kami punya vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Stoknya cukup.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper