Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Emiten Jajaki Fasilitas Penjaminan Obligasi

Bali Towerindo Sentra menjadi perusahaan pertama yang mendapat fasilitas penjaminan obligasi dari IIF.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  14:34 WIB
Karyawan mencari informasi tentang obligasi di Jakarta, Rabu (17/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan mencari informasi tentang obligasi di Jakarta, Rabu (17/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah emiten tengah melakukan penjajakan pinjaman dengan PT Infrastructure Finance (IIF), perusahaan pembiayaan patungan yang dimiliki Pemerintah Indonesia, perusahaan swasta Jepang, dan sejumlah lembaga keuangan multilateral.

Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah mengatakan beberapa emiten tertarik untuk mendapatkan fasilitas penjaminan utang  atau credit guarantee facility (CGF) dari IFF. Emiten yang tertarik mendapat fasilitas ini berasal dari sektor infrastruktur.

"Sektornya cukup luas mulai dari telekomunikasi sampai dengan energi terbarukan," ujarnya di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Terbaru, IIF memberikan fasilitas CGF kepada emiten menara PT Bali Towerindo Sentra Tbk. (BALI) Reynaldi Hermansjah mengatakan, CGF merupakan produk penjaminan obligasi pertama di Indonesia.

Dia menambahkan, beberapa emiten yang tertarik menggunakan fasilitas CFF dari perseroan berasal dari emiten pelat merah dan swasta. Dia enggan membeberkan nilai penjaminan yang sedang dijajaki dengan sejumlah emiten.

"BALI menjadi yang pertama karena mereka pendekatan lebih awal dan produk kami juga siap. Saat ini ada due diligence dengan perusahaan lain," tuturnya.

Secara umum, IIF menargetkan pertumbuhan aset bisa mencapai 25 persen pada akhir 2020 nanti. Pada 2019, IIF membukukan aset sekitar Rp12 triliun sedangkan pada 2020 aset IIF sebesar Rp15 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi aksi emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top