Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gandeng Schlumberger, Elnusa (ELSA) Teken Kontrak dengan Pertamina Hulu Mahakam

Kerja sama tersebut guna mendukung upaya untuk meningkatkan produksi migas nasional.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Oktober 2019  |  17:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten penyedia jasa energi, PT Elnusa Tbk., bersama PT Dowell Anadrill Schlumberger (Schlumberger) meneken kontrak kerja sama dengan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk jasa cementing offshore di rawa Delta Mahakam.

Perjanjian yang diteken pada Senin (21/10/2019) itu merupakan sinergi diantara Elnusa dan PHM sebagai bagian dari Pertamina Group, yang akan berlangsung selama 24 bulan.

Direktur Utama Elnusa Elizar P Hasibuan mengemukakan bahwa kerja sama tersebut guna mendukung upaya untuk meningkatkan produksi migas nasional.

Kontrak kerja sama Elnusa dan PHM melibatkan Schlumberger pula sebagai bagian konsorsium. Kolaborasi dengan Schlumbeger ini merupakan salah satu tindak lanjut Master Cooperation Agreement (MCA) pada akhir 2018.

Dalam MCA itu, Elnusa dan Schlumberger bersepakat untuk mengoptimalisasi kompetensi dan sumber daya (resources) masingmasing dalam jasa hulu migas terintegrasi selama 5 tahun. Kesepakatan ini meliputi lima lini jasa, yaitu reservoir characterization, pengeboran dan produksi minyak, surface production, serta integrated services.

Ada tiga tujuan besar yang hendak dicapai dalam MCA, yaitu peningkatan kapasitas nasional dalam servis hulu migas, alih teknologi yang ada di dalamnya, serta berbagi peluang & risiko untuk meningkatkan pertumbuhan bersama.

Sebelumnya, realisasi tindak lanjut MCA ini telah direalisasikan dalam Master of Service Agreement (MSA) untuk jasa wireline dan mudlogging.

“Di tengah kondisi migas saat ini, kolaborasi mutlak untuk dilakukan. Sharing terhadap aset, pengalaman dan kompetensi di antara kedua pihak tentunya akan lebih memudahkan dan mempercepat agilitas kinerja dalam mencapai tujuan bersama," ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Senin (28/10/2019).

Sekadar informasi, Elnusa telah beroperasi lebih dari 30 tahun di Delta Mahakam dan bekerja sama dengan PHM sejak beralihnya pengelolaan Blok Mahakam dari pengelola sebelumnya.

“Kami berkeyakinan mampu memberikan solusi total jasa energi terbaik sehingga mendukung pencapaian produksi migas dan efisiensi biaya produksi di PHM dan nasional," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elnusa
Editor : Ana Noviani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top