Lion Air Masuk Pipeline IPO Bursa Efek Indonesia

Apabila 30 perusahaan yang ada dalam pipeline BEI merealisasikan IPO pada tahun ini, jumlah emiten baru mencapai posisi tertingginya sepanjang sejarah yaitu sebanyak 70 perusahaan pada 2019.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 09 Oktober 2019  |  11:41 WIB
Lion Air Masuk Pipeline IPO Bursa Efek Indonesia
Petugas melakukan bongkar muat barang di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/2/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Bursa Efek Indonesia akan kedatangan satu lagi perusaahaan maskapai penerbangan yang akan menjadi emiten, yaitu PT Lion Mentari Tbk. yang mengoperasikan pesawat udara Lion Air.

I Gede Nyoman Yetna Setya, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia, mengungkapkan bahwa Lion Air akan menggelar mini expose  dalam rangka penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada pekan depan.

"Lion nanti dalam minggu depan mini expose. Ke depan juga lumayan, dari 30 [pipeline IPO] tentunya relatif sekuensial untuk mini expose akan cukup banyak," kata Nyoman di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dirinya berharap, dari 30 calon emiten yang sudah masuk ke dalam pipeline BEI dapat menyampaikan informasi secara lengkap sehingga otoritas bursa bisa memproses prosedur IPO dengan lebih cepat.

Selain itu, bursa juga masih menunggu calon emiten yang ingin menjadi perusahaan tercatat dengan menggunakan buku audit Juni 2019.

Pada Rabu (9/10/2019), jumlah perusahaan tercatat di BEI telah mencapai 40 emiten dengan masuknya PT Trinitan Metals and Minerals Tbk.

Apabila 30 perusahaan yang ada dalam pipeline BEI merealisasikan IPO  pada tahun ini, jumlah emiten  baru mencapai posisi tertingginya sepanjang sejarah yaitu sebanyak 70 perusahaan pada 2019.

Di luar itu, lanjut Nyoman, pihak bursa juga telah bertemu dengan 5 perusahaan lainnya yang sudah berkomitmen bakal memasukkan dokumen untuk IPO pada kuartal IV/2019 ini. Dengan demikian, jumlah 75 pencatatan efek baru yang ditargetkan bursa pada awal tahun ini sementara dapat dikatakan tercapai.

Dari sisi pencatatan lewat papan baru yaitu papan akselerasi, sejauh ini Nyoman menyampaikan belum ada calon emiten yang akan tercatat di sana. Namun, beberapa perusahaan sekuritas belakangan ini telah banyak yang bertanya ke bursa mengenai prosedur pencatatan dan perdagangan saham lewat papan akselerasi.

Hal itu menunjukkan bahwa sudah ada calon emiten yang memang tertarik untuk mencatatkan sahamnya lewat papan yang dibuat khusus untuk UMKM tersebut.

"Papan akselerasi belum ada yang submit karena yang menyampaikan dengan POJK 53 dan 54 sebelumnya sudah bisa masuk ke papan pengembangan," imbuh Nyoman.

Daftar 30 Calon Emiten dalam Pipeline BEI
Nama PerusahaanSektorNama PerusahaanSektor
PT Ifishdeco Tbk.TambangPT Indo Bintang Mandiri Tbk.Aneka Industri
PT Dana Brata Luhur Tbk.TambangPT Repower Asia Indonesia Tbk.Properti, Real Estat, dan Bangunan
PT Itama Ranoraya Tbk.Perdagangan, Jasa, dan InvestasiPT SAM Indonesia Tbk.Perdagangan, Jasa, dan Investasi
PT Trinitan Metals and Minerals Tbk.Industri Dasar dan KimiaPT Bank Amar Indonesia Tbk.Keuangan
PT Alamanda Investama Tbk.Properti, Real Estat, dan BangunanPT Graha Belitung Utama Tbk.Properti, Real Estat, dan Bangunan
PT Digital Mediatama Maxima Tbk.Perdagangan, Jasa, dan InvestasiPT Harvest Time Tbk.Properti, Real Estat, dan Bangunan
PT Asia Sejahtera Mina Tbk.Industri Barang KonsumerPT Indonesia Fibreboard Industry Tbk.Industri Dasar dan Kimia
PT Singaraja Putra Tbk.Perdagangan, Jasa, dan InvestasiPT Lion Mentari Tbk.Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi
PT Sinergi Inti Plastindo Tbk.Industri Dasar dan KimiaPT Jayanti Perdana Indonesia Tbk.Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi
PT Ginting Jaya Energi Tbk.TambangPT Austin Global Prima Tbk.Perdagangan, Jasa, dan Investasi
PT Aneka Minera Indonesia Tbk.Infrastruktur, Utilitas, dan TransportasiPT Galva Technologies Tbk,Perdagangan, Jasa, dan Investasi
PT Palma Serasih Tbk.PertanianPT Perintis Triniti Properti Tbk.Properti, Real Estat, dan Bangunan
PT Mulia Boga Raya Tbk.Industri Barang KonsumerPT Putra Mandiri Jembar Tbk.Perdagangan, Jasa, dan Investasi
PT Prima Globalindo Logistik Tbk.Infrastruktur, Utilitas, dan TransportasiPT Putra Rajawali Kencana Tbk.Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi
PT Cisadane Sawit Raya Tbk.PertanianPT Royalindi Investa Wijaya Tbk.Properti, Real Estat, dan Bangunan

Sumber: Bursa Efek Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bei, ipo

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top