Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahana Sekuritas Jagokan Saham UNVR dan MYOR, Ini Alasannya

Sektor saham konsumer dinilai masih cukup menjanjikan untuk jangka panjang, meski untuk jangka pendek hingga menengah masih akan terlihat adanya tantangan.
Karyawan memantau pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan manajer investasi, di Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Karyawan memantau pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan manajer investasi, di Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Bahana Sekuritas menilai dua emiten sektor konsumer, PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) dan PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) masih menjanjikan dalam jangka panjang.

Giovanni Dustin, Analis Bahana Sekuritas, menuturkan sektor saham konsumer masih cukup menjanjikan untuk jangka panjang, meski untuk jangka pendek hingga menengah masih akan terlihat adanya tantangan.

Menurutnya, pola belanja masyarakat semakin beragam antara kebutuhan barang-barang yang diproduksi secara massal dengan barang-barang premium.

Dalam jangka pendek tantangan terhadap sektor konsumer terutama akan bersumber dari risiko lemahnya serapan tenaga kerja penuh waktu. Pasalnya, turunnya kinerja industri padat karya dalam 5 tahun terakhir ini, telah berdampak pada lebih tingginya serapan tenaga kerja untuk paruh waktu dibandingkan dengan jumlah tenaga kerja penuh waktu.

"Persaingan yang masih akan ketat untuk kategori produk yang pertumbuhannya cukup pesat. Demi mempertahankan kinerja positif, perusahaan diperkirakan akan melakukan inovasi produk atau melakukan repackaging atau penyesuaian terhadap ukuran/volume atas barang tertentu," tuturnya dalam keterangan resmi, Senin (30/9/2019).

Di sektor konsumer, salah satu saham yang direkomendasikan Bahana Sekuritas ialah UNVR. Menurut Giovanni, Unilever Indonesia memiliki produk yang lebih beragam, mulai untuk masyarakat segmen atas hingga bawah.

Dengan portofolio produk tersebut, dalam 5 tahun terakhir, UNVR mampu membukukan kinerja yang positif dengan margin yang stabil di kisaran 23% setiap tahunnya.

‘’Untuk beberapa jenis produk, Unilever menjadi market leader dan memiliki brand global, untuk segmen personal care yang persaingannya cukup ketat dalam 5 tahun terakhir ini, Unilever semakin aktif mengeluarkan produk-produk baru sehingga mampu bersaing demi menjaga market share,’’ papar nya.

Selain itu, UNVR juga merupakan salah satu perusahaan yang cukup disiplin dalam menjaga kesehatan keuangannya.

Dengan melihat kondisi perekonomian terkini dan ke depannya, Bahana Sekuritas memberi rekomendasi beli atas saham UNVR dengan target harga Rp52.200 per saham.

Selain UNVR, Bahana Sekuritas juga memberikan rekomendasi beli untuk MYOR dengan target harga Rp2.900 per saham.

Menurut Giovanni, Mayora Indah merupakan perusahaan yang memiliki nama yang kuat untuk beberapa segmen produk makanan ringan. Misalnya, segmen makanan, khususnya biskuit yang persaingannya cukup ketat.

Prospek MYOR dinilai stabil. Hal itu ikut didorong oleh prospek permintaan akan kopi dan produk-produk yang terkait dengan kopi sedang naik daun, baik untuk domestik maupun ekspor.

‘’Mayora memiliki brand equity yang kuat untuk makanan ringan seperti biskuit, permen, dan coklat, yang produknya banyak dicari semua kalangan masyarakat,’’ terang Giovanni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper