Wanda Sport asal Beijing Siap Masuk Bursa AS

Wanda Sports Group Co. yang berbasis di Beijing, telah mendaftar untuk menjadi perusahaan terbuka yang melantai di bursa saham Amerika Serikat (AS). Penggalangan dana dari proses tersebut akan digunakan untuk membayar utang perusahaan itu.
Wanda Sport asal Beijing Siap Masuk Bursa AS Ilman A. Sudarwan | 08 Juni 2019 15:14 WIB

Bisnis.com, MANADO—Wanda Sports Group Co. yang berbasis di Beijing, telah mendaftar untuk menjadi perusahaan terbuka yang melantai di bursa saham Amerika Serikat (AS).

Penggalangan dana dari proses tersebut akan digunakan untuk membayar utang perusahaan itu.

Perusahaan yang dimiliki oleh miliarder China Wang Jianlin ini merupakan unit usaha dari Dalian Wanda Group Co. Perseroan menargetkan dapat meraup US$500 juta dari proses penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) nanti.

Korporasi yang berbasis di Beijing ini telah menjalin sejumlah kerja sama strategis dengan asosiasi olahraga dunia seperti FIFA dan Chinese Basketball Association.

Sumber pendapatan mereka selama ini didapatkan dari pengelolaan properti olahraga, turnamen olahraga, sponsorship, dan media. Pada 2015, Wanda Sports juga telah mengakuisisi dua firma pemasaran di industri olahraga, yakni Infront dan World Endurance Holdings Inc.

Pada 2018, Wanda Sports mencetak pendapatan sebesar US$1,29 miliar, tumbuh 15% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, laba bersih yang dihasilkan perusahaan ini tercatat sebesar US$62 juta, menyusut 31% dibandingkan periode sebelumnya.

Dikutip dari Bloomberg, dalam rencana IPO yang dikirimkan pada Jumat (7/6/2019) Dalian Wanda tetap akan menjadi pemegang saham pengendali setelah proses tersebut rampung, sesuai dengan struktur saham dua-kelas di perusahaan itu.

Wanda menyatakan, dana yang didapatkan dari IPO akan digunakan untung merestrukturisasi 11,5% piutang perseroan. Adapun, sisa dana dari IPO akan digunakan untuk kebutuhan investasi dan kegiatan usaha perseroan.

Pada April, Dalian Wanda menyatakan akan menghabiskan sekitar US$289 juta untuk investasi di lapangan dan pusat latihan sepak bola di pusat China. Investasi di dalam negeri tersebut dilakukan seiring dengan pengurangan investasi mereka di negara lain.

Atas instruksi pemerintah China untuk mengurangi keluarnya arus modal portofolio dari negara itu, Dalian Wanda melepas saham mereka di klub sepak bola Atletico Madrid pada tahun lalu. Perseroan juga melepas saham mereka di operator bisokop AMC Entertainment holdings Inc.

Dalam proses IPO tersebut, Morgan Stanley, Deutche Bank AG, dan Citigroup Inc. akan bertindak sebagai penjamin emisi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ipo, bursa as

Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top