Pelaku Pasar Menanti Data Non-Farm Payroll AS

Data Non-Farm Payroll (NFP) AS bakal dirilis pada pukul 19.30 WIB, Jumat (7/6/2019) dan akan jadi perhatian pasar di akhir perdagangan pekan ini.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  11:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku pasar global kini tengah menanti data non-farm payroll AS dan juga rencana The Fed untuk melakukan pemangkasan suku bunga.

Data Non-Farm Payroll (NFP) AS bakal dirilis pada pukul 19.30 WIB, Jumat (7/6/2019) dan akan jadi perhatian pasar di akhir perdagangan pekan ini.

"Jika data tersebut, tingkat rata-rata upah, dan tingkat pengangguran menunjukan adanya perlambatan ekonomi di AS, kemungkinan besar ekspektasi tersebut semakin meningkat dan menjadi sentimen pasar," tulis analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi, Jumat (7/6/2019), dalam laporan.

Perlu diperkirakan, bahwa kondisi tenaga kerja di AS masih solid, akan tetapi data ini diperkirakan akan menjadi penentu outlook kebijakan The Fed selanjutnya. Pasalnya, Pimpinan The Fed Jerome Powell pernah mengatakan sebelumnya bahwa The Fed akan bersikap hati-hati dan lebih sabar dalam mengubah kebijakan moneternya.

Menurutnya, di tengah masih adanya ekspektasi bahwa The Fed kemungkinan akan memangkas tingkat suku bunganya tahun ini, maka pasar juga mengharapkan adanya stimulus moneter seperti yang dilakukan oleh ECB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa global

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup