Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Pantau Keputusan RBA

Hari ini pasar akan berfokus pada pengumuman kebijakan Reserve Bank of Australia (RBA) pukul 11:30 WIB nanti. Pasalnya bank sentral Australia itu diekspektasikan akan memangkas tingkat suku bunganya sebanyak 25 basis poin.
Seorang pebisnis melintasi kantor bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia) di Sydney./Reuters-Jason Reed
Seorang pebisnis melintasi kantor bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia) di Sydney./Reuters-Jason Reed

Bisnis.com, JAKARTA—Hari ini pasar akan berfokus pada pengumuman kebijakan Reserve Bank of Australia (RBA) pukul 11:30 WIB nanti. Pasalnya bank sentral Australia itu diekspektasikan akan memangkas tingkat suku bunganya sebanyak 25 basis poin.

Tim analis Monex Investindo Futures dalam laporannya, Selasa (4/6/2019) menyebutkan, keputusan RBA akan menjadi fokus pasar pada hari ini. RBA akan menurunkan suku bunga dari 1,50% menjadi 1,25%.

“Jika benar, maka AUDUSD berpeluang besar untuk melemah,” paparnya.

Gubernur RBA Lowe juga dijadwalkan akan memberikan pidatonya pukul 16.30 WIB. Ini juga akan menjadi fokus karena pasar akan melihat pertimbangan apa saja yang dilakukan oleh bank sentral dalam menentukan tingkat suku bunganya.

Dari zona Eropa akan dirilis data laju inflasi pukul 16.00 WIB. Pimpinan The Fed Jerome Powell juga dijadwalkan akan berpidato pukul 20.55 WIB nanti. Ini juga patut diperhatikan karena Presiden The Fed St. Louis, James Bullard, mengatakan bahwa ada kemungkinan The Fed juga akan pangkas tingkat suku bunganya.

Berikut analisis pergerakan sejumlah mata uang utama global pada hari ini.

EURUSD
Rilis data inflasi Zona Euro akan menjadi perhatian. Diekspektasikan laju inflasi masih melambat, jika benar, EURUSD berpotensi kembali mendapat sentimen negatif dari outlook perlambatan ekonomi di Zona Euro. Potensi pelemahan terdekat ke support 1.1220. Tembus level tersebut, support selanjutnya terlihat di 1.1220. Sebaliknya, jika ternyata dollar masih melemah karena ekspektasi pemangkasan suku bunga dari The Fed, peluang penguatan EURUSD di resisten terdekat 1.1275.

GBPUSD
Belum ada katalis penggerak lain dari Inggris pada hari ini. Jadi sentimen pada dollar tampaknya kembali mendominasi katalis penggerak untuk GBPUSD. Jika dollar masih terlihat melemah, potensi penguatan akan menguji resisten terdekat di 1.2690-1.2700. Tembus level tersebut, peluang penguatan selanjutnya ke 1.2720. Support terdekat di 1.2625.

USDJPY
Sentimen safe haven membuat yen lanjutnya penguatannya terhadap dollar hingga awal perdagangan hari ini. Namun melihat penurunan USDJPY yang sangat tajam pada sesi perdagangan sebelumnya berpotensi memicu aksi short covering. Selama harga tidak menembus ke bawah 107.70, USDJPY berpotensi naik dengan resisten terdekat di 108.35. Sebaliknya, jika tembus 107.70, potensi turun selanjutnya mengincar 107.50.

AUDUSD
Jika benar RBA memangkas suku bunganya hari ini, potensi pelemahan AUDUSD akan menguji support terdekat di 0.6935. Tembus level tersebut potensi pelemahan selanjutnya mengincar 0.6920. Resisten di level psikologis 0.7000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper