Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moody's Sematkan Peringkat B1 untuk Barito Pacific

Moody's Investor Service menyematkan peringkat B1 untuk PT Barito Pacific Tbk. dengan outlook stabil. 
Barito Pacific
Barito Pacific

Bisnis.com, JAKARTA - Moody's Investor Service menyematkan peringkat B1 untuk PT Barito Pacific Tbk. dengan outlook stabil. 

Pada saat yang sama, Moody's juga menyematkan peringkat B1 untuk pengajuan obligasi global milik Barito. Obligasi tersebut akan dijamin oleh saham yang dimiliki di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. yang memiliki peringkat utang Ba3 dengan outlook stabil. 

"Peringkat B1 coorporate family rating (CFR) milik Barito didukung oleh dua investasi saham, yakni Chandra Asri sebesar 46,26% dan Star Energy Group Holdings Pe Ltd. sebesar 66,7% dan perkiraan aliran dividen dari investasi itu mampu untuk menutupi pembayaran bunga dan dana operasional di Barito," kata Vice President and Senior Credit Officer Moody's Brian Grieser melalui keterangan resmi, Jumat (3/5/2019). 

Peringkat tersebut mencerminkan profil bisnis Barito yang terdiversifikasi di petrokimia dan energi, kemampuan menutup pembayaran bunga didukung oleh dividen dari Chandra Asri selama 3 tahun ke depan, serta likuditas yang baik. 

Moody's memperkirakan pembayaran bunga Barito terutama disokong oleh dividen dari Chandra Asri dan likuiditas neraca yang ada. Dividen dari Star Energy diperkirakan relatif kecil dalam tiga tahun ke depan, tetapi meningkat dari waktu ke waktu yang membuat diversifikasi arus kas. 

Likuiditas Barito diperkirakan dari saldo kas yang ada, dari penerbitan obligasi US$200 juta dan dividen dari entitas anak.

Barito melalui anak usahanya memiliki 49% saham di proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara 2.000 megawatt. Adapun, struktur permodalan Barito berasal dari kontribusi lahan, investasi potensial oleh investor strategi, dan arus kas, yang berasal dari konversi waran yang sebagian besar dimiliki oleh Projogo Pangestu, yang memiliki hampir 73% saham Barito. 

Pengajuan obligasi akan menjadi satu-satunya hutang Barito dan karenanya diberikan peringkat yang sama dengan CFR Barito. 

Prospek yang stabil mencerminkan perkiraan Moody bahwa dividen berasal Chandra Asri, dikombinasikan dengan saldo kas yang ada, akan cukup untuk mendukung beban bunga dan biaya operasi Barito selama masa obligasi Barito. Selanjutnya, kontribusi Barito untuk pabrik batubara didanai dengan hati-hati.

Peringkat dapat ditingkatkan jika, Chandra Asri meningkatkan dividennya atau Star Energy mulai membayar dividen, serta menunjukkan kemampuan untuk mempertahankan saldo kas lebih dari 2 kali tingkat bunga Barito. 

Peringkat dapat turun jika aliran dividen dari Chandra Asri dan Star Energy menurun sehingga cakupan bunga turun di bawah 1,25 kali, atau kepemilikan saham Pangestu dan Barito di Chandra Asri turun di bawah 50%. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper