Arab Saudi Masih Wait and See, Harga Minyak Memanas

Harga minyak dunia menghijau pada perdagangan hari ini, Kamis (25/4).
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 25 April 2019  |  16:21 WIB
Arab Saudi Masih Wait and See, Harga Minyak Memanas
Harga Minyak WTI - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak dunia menghijau pada perdagangan hari ini, Kamis (25/4).

Berdasarkan data Bloomberg, hingga pukul 15.22 WIB, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) menguat 0,20% atau 0,13 poin ke level US$66,02 per barel, sedangkan harga minyak Brent menguat 0,90% atau 0,67 poin menembus ke level US$75,24 per barel.

Untuk harga minyak Brent, level tersebut merupakan pertama kalinya sejak Oktober. Sekali lagi, hal ini dipicu oleh keputusan Amerika Serikat menghilangkan keringanan sanksi bagi Iran.

Di sisi lain, Arab Saudi melalui Menteri Energi Khalid Al-Falih, Rabu (24/4/2019), mengatakan bahwa negaranya tidak tergesa-gesa mengambil langkah di pasar minyak, usai AS memutuskan tidak memperbarui keringanan sanksi Iran.

Terkait dengan penguatan ini, para investor diperkirakan tengah menunggu langkah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (Organization of the Petroleum Countries/OPEC) dalam mersepons keputusan Amerika terhadap anggota mereka, yaitu Iran.

Tamas Varga, analis di PVM Oil Associates mengatakan, apabila ekspor Iran turun ke angka nol akibat pengetatan sanksi, Arab Saudi kemungkinan tidak terburu-buru untuk menggantikannya. “Saat ini pandangan yang harus diambil adalah pekan berikutnya pasar akan menjadi ketat sekarang,” katanya seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (25/4).

Berdasarkan survei Bloomberg, kenaikan kedua harga acuan minyak itu mengacuhkan data pemerintah AS yang menunjukkan stok minyak mentah mereka naik 5,48 juta barel pekan lalu, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 1 juta barel. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Harga Minyak, harga minyak dunia

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top