Metrodata (MTDL) Kerja Sama dengan Intel Dukung Pengembangan IoT

Entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL), PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), bekerja sama dengan Intel Corporation akan mendukung para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan solusi terpadu Internet of Things (IoT).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 25 April 2019  |  16:31 WIB
Metrodata (MTDL) Kerja Sama dengan Intel Dukung Pengembangan IoT
General Manager IoT Intel Steen J. Graham (kiri) dan Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), Agus Honggo Widodo. - Bisnis/Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA — Entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL), PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), bekerja sama dengan Intel Corporation akan mendukung para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan solusi terpadu Internet of Things (IoT).

Presiden Direktur SMI Agus Honggo Widodo menyampaikan bahwa bersama Intel Corp. nantinya perusahaan akan berkolaborasi meluncurkan Artificial Intelligence of Things (AIoT) dengan memulai Kompetisi OpenVINO yang terbuka bagi para developer lokal. 

Selain itu, Intel juga akan mempercepat pengembangan solusi IoT termasuk di antaranya Intel® Market Ready Solutions dan Intel® RFP Ready Kits. 

“Sebagai perusahaan yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di sektor TIK, kami senang sekali telah ditunjuk oleh Intel Corporation sebagai Intel® IOT Solution Aggregator di Indonesia. Nilai lebih ini akan kami berikan kepada mitra bisnis dan pelanggan kami dalam bentuk penyediaan solusi IoT yang mereka perlukan melalui one stop solution,” kata Agus yang juga merupakan Direktur MTDL melalui keterangan pers, Kamis (25/4/2019).

Adapun, SMI menyampaikan, Intel® AI: In Production juga menawarkan beragam kelengkapan mulai dari piranti lunak hingga development kit yang dapat digunakan oleh klien perseroan dalam mengembangkan berbagai solusi AI dalam waktu singkat.

Dengan demikian, SMI mengklaim peran perseroan pun akan semakin strategis karena mampu mendukung percepatan transformasi digital bagi industri lokal di sektor elektronik, komputer, mesin, infrastruktur, ritel dan penerapan smart building, bidang kesehatan, transportasi, serta logistik. 

Sejauh ini, SMI menyampaikan telah memiliki solusi terpadu IoT ke arah Industry 4.0 yang dimulai sejak beberapa tahun lalu.  “SMI juga mampu menyediakan ‘on-boarded full Intel IOTG (Internet of Things Group) silicon product line’ atau lini produk IOTG mulai dari processors, memory, storage dan networks building blocks,” tulis SMI.

Sebagai upaya merealisasikan komitmen terhadap AIoT, SMI juga akan menyediakan ruang teknologi experience centre yang terletak di kantor pusat APL Tower Lantai 42. 

Dalam ruang tersebut nantinya bakal dipamerkan terknologi end-to-end terkini yang dengan mudah dapat diakses, mulai dari edge sensors, gateway, network infrastructure, hingga cloud serta berbagai rangkaian piranti keras hingga piranti lunak yang dapat full-fledge IoT dan penyebaran AI. 

Adapun, perseroan menyampaikan bahwa Intel mendukung pusat teknologi tersebut melalui portofolionya dan ekosistem sehingga SMI dapat membantu akses teknologi Indonesia yang terbarukan dari berbagai belahan dunia. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kinerja emiten, metrodata

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top