Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MNC Sekuritas : Harga SUN Berpotensi Meningkat Jelang Lelang, Investor Agar Fokus ke Tenor Pendek

MNC Sekuritas memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini, Selasa (9/4/2019) harga surat utang negara atau SUN akan cenderung mengalami kenaikan jelang pelaksanaan lelang penjualan SUN.

Bisnis.com, JAKARTA -- MNC Sekuritas memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini, Selasa (9/4/2019) harga surat utang negara atau SUN akan cenderung mengalami kenaikan jelang pelaksanaan lelang penjualan SUN.

I Made Adi Saputra, Kepala Divisi Riset Fixed Income MNC Sekuritas, mengatakan bahwa pada hari ini pemerintah berencana untuk mengadakan lelang penjualan surat berharga negara (SBN) dengan target  senilai Rp15 triliun dari tujuh seri yang ditawarkan kepada investor. 

Made memperkirakan pelaku pasar masih akan mencermati pelaksanaan lelang sebelum kembali melakukan transaksi di pasar sekunder.

"Dengan masih terbukanya peluang terjadinya koreksi harga, maka kami sarankan kepada investor untuk tetap mencermati pergerakan harga SUN dengan fokus pada seri SUN dengan tenor pendek dan menengah," katanya dalam riset harian, Selasa (9/4/2019). 

Beberapa seri yang cukup menarik untuk dicermati di antaranya adalah sebagai berikut ini: FR0069, FR0053, FR0061, FR0070 dan FR0056. 

Adapun SUN dengan tenor panjang yang cukup menarik adalah FR0058, FR0074, FR0065, FR0068, dan FR0072.

Review (Senin, 8/4/2019)

Jelang diadakannya lelang SUN pada hari ini, perubahan imbal hasil SUN pada perdagangan hari Senin, 8 April 2019 mengalami kecenderungan kenaikan di tengah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika akibat sentimen global.

Kenaikan tingkat imbal hasil yang terjadi pada perdagangan kemarin mencapai sebesar 7 bps, dengan rata-rata mengalami kenaikan sebesar 2 bps yang didorong oleh adanya penurunan harga hingga mencapai 50 bps. 

Imbal hasil SUN dengan tenor pendek mengalami perubahan hingga sebesar 4 bps di tengah adanya perubahan harga yang mencapai 11 bps. Sementara itu, imbal hasil tenor menengah mengalami kenaikan hingga sebesar 5 bps didorong oleh adanya penurunan harga hingga 23 bps. 

Imbal hasil SUN dengan tenor panjang juga bergerak dengan kecenderungan mengalami kenaikan hingga sebesar 7 bps didorong oleh adanya penurunan harga yang bergerak turun dengan rata-rata penurunan harga sebesar 20 bps. 

Adapun dari SUN seri acuan, kenaikan imbal hasil terjadi pada keseluruhan seri dengan kenaikan yang mendekati 7 bps setelah mengalami penurunan harga yang bergerak diantara 17 bps hingga 49 bps. 

Seri acuan dengan tenor 5 tahun dan 10 tahun mengalami kenaikan imbal hasil masing - masing sebesar 5 bps di level 7,10% dan sebesar 7 bps di level 7,61%. 

Sementara itu, untuk seri acuan dengan tenor 15 tahun dan 20 tahun mengalami kenaikan imbal hasil hingga mendekati 6 bps dan 2 bps yang masing-masing berada pada level 8,031% dan 8,139%.

Pergerakan imbal hasil SUN yang cenderung mengalami kenaikan pada perdagangan kemarin didorong oleh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper