Bakrieland Development (ELTY) Siapkan Sejumlah Proyek Baru, Berikut Perinciannya

Emiten properti PT Bakrieland Development Tbk. tengah mempersiapkan sejumlah proyek baru yang akan dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan kinerja bisnis perseroan.
Emanuel B. Caesario | 20 November 2018 19:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten properti PT Bakrieland Development Tbk. tengah mempersiapkan sejumlah proyek baru yang akan dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan kinerja bisnis perseroan.

Agus Jayadi Alwie, Direktur Bakrieland Development, mengatakan bahwa perseroan selama ini harus sangat berhati-hati sehingga tidak mengembangkan proyek baru secara agresif.

Hal ini erat kaitannya dengan kondisi bisnis properti secara umum yang belum sepenuhnya pulih. Meskipun demikian, perseroan melihat di beberapa wilayah bisnis properti masih cukup menjanjikan saat ini.

“Pasar di Jawa Timur, khususnya di Surabaya dan Sidoarjo kami lihat sekarang masih cukup baik,” katanya, Senin (19/11/2018).

Sepanjang tahun ini, emiten dengan kode saham ELTY ini memang fokus mengambangkan sejumlah proyek di Sidoarjo. Ada 4 proyek di Sidoarjo yang kini tengah berjalan.

Pertama, Apartemen Tamansari Prospero, kerja sama dengan WIKA Gedung. Proyek ini akan mencakup 3 menara total sekitar 1.600 unit di tas lahan 1,2 ha. Tower pertama sudah rampung 100%, tower kedua baru 17%.

Kedua, Aston Kahuripan City Hotel, yakni hotel bintang 3 dengan 126 kamar. Topping off hotel ini sudah dilakukan pada Oktober 2018 lalu dengan proges fisik 33%. Estimasi soft opening pada kuartal III/2019.

Ketiga, proyek cluster perumahan Kahuripan Park di atas lahan 3,8 ha. Kinerja penjualan kini sudah mencapai 81%. Keempat, cluster perumahan Kahuripan Terrace di atas lahan 5 ha. Proyek ini baru diluncurkan pada April 2018 dan terjual 53%.

Di Jakarta, ELTY baru menyelesaikan proyek Swiss Belhotel OCEA Condotel & Hotel bintang 4 sebanyak 324 kamar. Saat ini, hotel dan kondotel ini sedang dalam tahap percobaan operasi dan ditargetkan akan soft opening pada khair 2018.

Selain itu, perseroan juga mengembangkan proyek kawasan hunian apartemen kelas menengah & komersial di Jakarta Timur melalui kerja sama dengan Perumnas. Proyek tersebut yakni proyek Sentra Timur Residence.  Kini, sudah terbangun 6 menara apartemen dengan 2.300 unit.

Selain proyek-proyek yang tengah berjalan tersebut, ELTY juga kini tengah mempersiapkan sejumlah proyek baru.

Proyek prestisius utama yang kini tengah dipersiapkan yakni proyek pengembangan ulang Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) dan Plaza Festival, Jakarta. Proyek ini merupakan proyek kerja sama dengan pemda DKI Jakarta.

Proyek yang juga dikenal dengan nama Rasuna Park ini memiliki total area pengembangan 9,5 hektar dan akan dikembangkan dengan konsep TOD. Untuk tahap pertama, akan dibangun apartemen segmen menengah bahwa 3.000 unit, universitas, area olahraga, hotel bintang 3, dan area publik hijau.

Pada tahap selanjutnya nanti akan dibangun lifestyle shopping mall, sports hall, hotel bintang 3, kantor segmen menengah, kantor premium, hotel bintang 4, apartemen premium, convention & exhibition center, executive & wellness club, dan pengembangan lanjutan area hijau.

Selain proyek itu, ELTY juga tengah mempersiapkan tahap kedua dari proyek Sentra Timur Jakarta yang akan mencakup 5 menara baru lagi dengan total 2000 unit apartemen. Proyek ini akan dikembangkan 5 tahun ke depan. Menara pertama sebanyak 607 unit telah dimulai pada 2018.

Selain itu, kebanyakan proyek baru lainnya akan terkonsentrasi di Bogor. Akan ada 6 proyek strategis di Bogor, yakni 1 proyek township, 3 proyek perumahan serta 2 proyek taman rekreasi. Proyek township ELTY yakni Nirwana Hills, Bogor. Proyek ini berada di area seluas 364 ha dan merupakan kelanjutan dari proyek township existing Bogor Nirwana Residence. Pengembangan tahap pertama seluas 85 ha.

ELTY akan membangun lebih dari 1000 unit hunian di sana dengan fokus awal pada segmen menengah dan menengah atas.

Selain itu, perseroan akan membangun area komersial berupa food plaza, modern market, kawasan pertokoan, hypermart, dan mall. Selain itu, ELTY juga akan membangun birdpark, club house, dan area terbuka hijau. Selanjutnya, 3 proyek perumahan yakni Jungleland Village Sentul, Fusion 2 Bogor, dan Bumi Tirta Pakuan Bogor.

Jungleland Village memiliki luas 9 hektare dengan total sekitar 500 unit hunian, sedangkan Fusion 2 seluas 12 hektare dengan sekitar 300 unit hunian. Sementara itu, Bumi Tirta Pakuan tahap I akan mencapai 7,5 ha dari total 15 ha.

Selanjutnya, 2 proyek taman rekreasi yang akan dikembangkan yakni J Bound Bogor dan re-development Junglefest Bogor. Proyek J Bound Bogor merupakan taman rekreasi di alam terbuka yang dilengkapi beragam fasilitas permainan. Proyek ini memiliki luas 2,6 hektare dan akan dibuka pada Desember 2018.

Sementara itu, Re-development Junglefest  merupakan pengembangan ulang taman bermain Junglefest menjadi area wisata keluarga bertema Fantasy World yang mengintegrasikan hiburan, kuliner, dan belanja. Total areanya mencapai 7 hektare.

Di Sidoarjo, ELTY akan menambah 1 proyek baru, yakni Kahuripan Nirwana tahap kedua seluas 35 haktare. Cluster Kahurippan Terrace-1 yang telah dimulai pada April 2018 lalu merupakan bagian dari proyek ini.

Selanjutnya, di Lampung ELTY akan membangun proyek Krakatoa Nirwana Resort, yakni kawasan wisata terintegrasi dengan masterplan 360 hektare dari total rencana 500 hektare di wilayah pantai selatan Lampung.

Secara jangka panjang, pengembangan proyek ini akan dikerjasamakan dengan berbagai investor. Tahap pertama akan fokus pada area 14 hektare dengan pengembangan infrastruktur entrance gate, infrastruktur jalan, area komersial dan wisata pantai.

Tag : bakrieland, kinerja emiten
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top