Selamat Sempurna (SMSM) Ambil Alih Perusahaan Distributor dari Entitas Anak

Emiten komponen otomotif PT Selamat Sempurna mengakuisisi 44% saham Sure Filter Thailand Co. Ltd., entitas asal Thailand yang selama ini telah menjadi distributor Selamat Sempurna di Negeri Pagoda.
Dara Aziliya | 03 Juli 2018 19:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten komponen otomotif PT Selamat Sempurna mengakuisisi 44% saham Sure Filter Thailand Co. Ltd., entitas asal Thailand yang selama ini telah menjadi distributor Selamat Sempurna di Negeri Pagoda.

Akuisisi 44% saham STF tersebut merupakan transaksi afiliasi, karena Selamat Sempurna mengambil seluruhnya atau 44% kepemilikan saham sister company yaitu PT Adrindo Intisarana pada SFT. Transaksi tersebut diselesaikan perseroan dan STF per 29 Juni 2018.

Sekretaris Perusahaan (Corsec) Selamat Sempurna Lidiana mengungkapkan perseroan ingin memperkuat pasar ekspor, terutama di negara-negara Asia Tenggara. Thailand menjadi negara kedua di mana perseroan menambah jaringan distributor, setelah dua tahun lalu juga mengakuisisi sebuah perusahaan pemasaran di Malaysia.

“Selama ini SFT sudah menjadi distributor produk perseroan di pasar Thailand. Potensi pasar Thailand yang merupakan salah satu pusat ekonomi di Asia Tenggara sangat baik, sehingga kami menilai perusahaan ini akan memberi dampak positif [setelah diakuisisi],” ungkap Lidiana saat dikonfirmasi Bisnis, Selasa (3/7).

Lidiana mengungkapkan emiten dengan kode saham SMSM tersebut juga akan secara bertahap memperkuat pasar di negara-negara lain di Asia Tenggara. Adapun, saat ini porsi ekspor produk komponen perseroan yang terbesar adalah ke Amerika Serikat.

Perseroan mencatat Thailand saat ini merupakan produsen kendaraan yang cukup berpengaruh pada tingkat global. Pada 2016, Thailand menduduki peringkat ke-12 dunia sebagai produsen kendaraan terbesar. Pasar ini sangat potensial bagi SMSM yang memproduksi komponen kendaraan.

Dalam prospektus yang dipublikasikan perseroan, SMSM mengambil alih 286.000 lembar saham yang dimiliki Adrindo Intisarana pada SFT atau setara dengan 44% dengan nilai transaksi mencapai THB55 juta atau setara Rp23,74 miliar dengan menggunakan kurs saat transaksi dilakukan.

“Total transaksinya THB55 juta yang dananya kami ambil dari internal cashflow,” ungkap Lidiana.

Lidiana menyampaikan kinerja perseroan akan mulai berkontribusi pada pendapatan dan laba bersih perseroan mulai Juli 2018. Di Thailand, SMSM tetap mengandalkan bisnis penjualan filter dan radiator dengan kapasitas produksi masing-masing sebesar 100 juta unit dan 2 juta unit per tahun.

Pada kuartal I/2018, perseroan membukukan penjualan bersih sebesar Rp888,15 miliar selama uartal I/2018 atau meningkat 17,2% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (yoy) yang mencapai Rp757,26 miliar.

Perseroan membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp119,38 miliar, meningkat 6,34% dibandingkan laba perseroan pada 2016.

Saat ini, Selamat Sempurna memproduksi komponen otomotif yaitu filter dan dan radiator, dengan kontribusi pada pendapatan mencapai 34%, sisanya disumbangkan oleh segmen nonotomotif.

Tag : kinerja emiten
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top