Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2018, Anggaran Capex BUMN Tambang & Migas Melesat 146%

Anggaran belanja modal atau capital expenditure perusahaan pertambangan dan migas pelat merah meningkat 146,56% pada 2018 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 29 Januari 2018  |  20:23 WIB
2018, Anggaran Capex BUMN Tambang & Migas Melesat 146%
Direktur Utama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Tedy Badrujaman (kedua kanan) berbincang dengan Komisaris Utama Fachrul Razi (kedua kiri), Direktur Operasi II WIKA Bambang Pramujo (kanan) dan Project Manager Kawasaki Heavy Industries K Sakai (kiri) disela pemancangan tiang pertama pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) di Buli, Halmahera Timur, Selasa (25/4). - Antara/Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA — Anggaran belanja modal atau capital expenditure perusahaan pertambangan dan migas pelat merah meningkat 146,56% pada 2018 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Fajar Harry Sampurno menyampaikan hal tersebut dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Senin (29/1).

Kenaikan tersebut merupakan data yang dihimpun dari hasil Rencana Anggaran Kerja Perusahaan (RKAP) periode 2018 milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., PT Bukit Asam Tbk., dan PT Timah Tbk.,dan PT Aneka Tambang Tbk.

Perusahaan Gas Negara (PGN) misalnya menganggarkan belanja modal senilai Rp8,94 triliun. Anggaran capex emiten berkode saham PGAS tersebut naik dari perkiraan realisasi tahun lalu senilai Rp3,95 triliun.

Selanjutnya, alokasi capex Bukit Asam juga naik drastis dari perkiraan realisasi 2017 sebesar Rp1,79 triliun. Tahun ini, PTBA mengganggarkan belanja modal senilai Rp6,54 triliun.

Kenaikan rencana belanja modal juga dicatatkan oleh Aneka Tambang (Antam). Perusahaan berkode saham ANTM menggangarkan capex Rp3,23 triliun pada tahun ini atau naik dari realisasi pada 2017 sebesar Rp3,23 triliun.

Adapun PT Timah juga menaikkan anggaran belanja modal dari Rp1,61 triliun pada 2017 menjadi Rp2,84 triliun pada tahun ini.

Dengan demikian, total belanja modal keempat BUMN pertambangan dan migas tersebut mencapai Rp21,55 triliun pada 2018 atau naik 146,56% dari perkiraan total realisasi pada 2017 sebesar Rp8,74 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumn belanja modal
Editor : Ana Noviani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top