Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Indonesia AirAsia Resmi Jadi Entitas Anak PT AirAsia Indonesia Tbk

Afiliasi AirAsia di Indonesia, PT Indonesia AirAsia (IAA), telah secara resmi menjadi entitas anak PT AirAsia Indonesia Tbk menyusul tuntasnya seluruh proses terkait dengan perjanjian dan persetujuan yang dipersyaratkan pada hari ini.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA-- Afiliasi AirAsia di Indonesia, PT Indonesia AirAsia (IAA), telah secara resmi menjadi entitas anak PT AirAsia Indonesia Tbk menyusul tuntasnya seluruh proses terkait dengan perjanjian dan persetujuan yang dipersyaratkan pada hari ini.

PT AirAsia Indonesia Tbk (AAID), yang sebelumnya dikenal dengan nama PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk (RMPP) adalah perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perubahan nama dari RMPP menjadi AAID telah disetujui oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia hari ini.

Sebagai bagian dari upaya korporasi, terdapat perubahan pada susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang telah disetujui pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diadakan 21 Desember 2017.

RUPSLB telah menunjuk Pin Harris sebagai Komisaris Utama, Datuk Kamarudin Meranun sebagai Komisaris dan Agus Toni Soetirto sebagai Komisaris Independen, juga Dendy Kurniawan sebagai Presiden Direktur dan Dinesh Kumar sebagai Direktur Independen.

Aksi korporasi ini diselesaikan menyusul penerbitan saham melalui pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue oleh RMPP.

Pemegang saham IAA, PT Fersindo Nusaperkasa (FN) dan AirAsia Investment Ltd (AAIL) berperan sebagai pembeli siaga dari rights issue yang membeli saham baru tersebut.

Komisaris Utama PT Fersindo Nusaperkasa, Pin Harris mengatakan tujuan utama dari upaya korporasi ini adalah agar PT Indonesia AirAsia dapat mengambil manfaat dari peningkatan tata kelola, transparansi serta akuntabilitas yang lebih baik dengan menjadi entitas anak sebuah perusahaan yang sudah melantai di bursa efek.

"Saya percaya praktik tata kelola perusahaan yang baik akan membuahkan kinerja serta pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kami, memperkuat posisi kami sebagai maskapai berbiaya hemat terdepan untuk pangsa pasar internasional sekaligus mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara ke tanah air," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/12).

Sementara itu CEO Grup AirAsia, Tan Sri Tony Fernandes mengatakan aksi korporasi ini akan semakin mendekatkan kami dengan visi One AirAsia.

"Kami berencana untuk mencatatkan di bursa seluruh unit bisnis kami di Asean,"kata Tony.

Rencana ini dimulai dari AirAsia Malaysia yang telah melantai di bursa sejak tahun 2004, disusul oleh AirAsia Thailand pada tahun 2012 dan sekarang kami sudah sangat dekat untuk mendirikan maskapai Asean yang sesungguhnya dengan tercatatnya AirAsia Indonesia di Bursa Efek Indonesia, yang selanjutnya akan disusul oleh AirAsia Philippines.

“Banyak analis yang meragukan performa AirAsia Indonesia. Saya sangat bangga dengan keberhasilan kami memperbaiki kinerja di Indonesia dan kontribusi AirAsia di sektor pariwisata di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Masa depan yang cerah menanti AirAsia Indonesia.”

Mewakili entitas anak, Direktur Utama PT Indonesia AirAsia, Dendy Kurniawan, menyampaikan terima kasih kepada OJK atas diterbitkannya pernyataan efektif dan juga Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia atas persetujuannya terhadap aksi korporasi ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan atas diterbitkannya pernyataan efektif dan juga Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atas dukungan serta persetujuan yang diberikan. Dengan transparansi dan tata kelola yang semakin baik, kami berharap dapat membawa entitas anak terbang lebih tinggi lagi sejalan dengan upaya kami untuk terus menghadirkan pelayanan kelas dunia dan layanan transportasi udara yang terjangkau bagi pelanggan dan memberikan nilai yang signifikan kepada para pemegang saham kami,” ujar Dendy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper