Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obligasi Global: Cikarang Listrindo (POWR) Pangkas Bunga 2%

Emiten energi PT Cikarang Listrindo Tbk. (POWR) memperoleh pemangkasan kupon bunga sebesar 2% melalui emisi obligasi global senilai US$500 juta untuk refinancing.
Ilustrasi obligasi
Ilustrasi obligasi

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten energi PT Cikarang Listrindo Tbk. (POWR) memperoleh pemangkasan kupon bunga sebesar 2% melalui emisi obligasi global senilai US$500 juta untuk refinancing.

Direktur Keuangan Cikarang Listrindo Christanto Pranata mengatakan penerbitan obligasi global dilakukan oleh anak usaha perseroan, Listrindo Capital B.V. Notes senilai US$500 juta itu memiliki tenor 10 tahun dengan tingkat bunga 4,95% yang tercatat di bursa Singapura.

Emiten bersandi saham POWR tersebut telah memiliki jeda 4,5 tahun di International Bond Markets dengan memperoleh penurunan tingkat bunga sebesar 2% terhadap nbotes 2019 yang diterbitkan perseroan sebelumnya.

"Dengan adanya transaksi ini, perseroan mengharapkan dapat mengurangi beban keuangan, di mana surat utang yang diterbitkan memiliki kupon lebih kecil 2,00% jika dibandingkan dengan notes 2019," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (14/9/2016).

Dia menambahkan, perseroan juga dapat meningkatkan rasio likuiditas. Manajemen Cikarang Listrindo dapat menggunakan dana hasil emisi global bonds tersebut untuk melunasi surat utang yang dimiliki sebelumnya.

Selain itu, sambungnya, perseroan juga dapat memperoleh tambahan modal kerja yang diperoleh dari dana hasil emisi surat utang tersebut untuk meningkatkan kinerja keuangan.

Surat utang global yang diterbitkan perseroan telah mendapatkan peringkat kredit jangka panjang oleh Standard & Poor's menjadi BB dari BB-. Rating ini setara dengan rating Moody’s Ba2 yang disematkan pada 29 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, penerbitan surat utang sebesar US$550 juta ini menjadikan perseroan sebagai perusahaan lokal pertama yang menerbitkan global bonds dengan tenor 10 tahun sejak 2013. Kupon obligasi diklaim terendah sejak 10 tahun dari penerbit Asia di kelas non-investment grade.

Perolehan dana hasil transaksi akan digunakan untuk melunasi surat utang senior 2019 sebesar US$500 juta dengan bunga sebesar 6,95% dan harga penebusan setara dengan 103,475% dari nilai pokok. Sisanya, akan digunakan untuk kebutuhan pembiayaan umum modal kerja Perseroan.

Joint Lead Managers dan Joint Bookrunners dalam transaksi ini adalah Barclays Bank PLC dan Deutsche Bank AG. Cikarang Listrindo saat ini memiliki pembangkit listrik berbahan bakar gas dengan kapasitas 864 Megawatt dan 2 unit pembangkit berbahan bakar batu bara dengan total kapasitas sebesar 280 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper