Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tembus Rp614,4 T, Kapitalisasi Pasar Emiten Rokok di BEI Jadi Jawara!

Kapitalisasi pasar empat perusahaan rokok yang sahamnya tercatat di PT Bursa Efek Indonesia mencapai Rp614,39 triliun.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 23 Agustus 2016  |  02:27 WIB
Tembus Rp614,4 T, Kapitalisasi Pasar Emiten Rokok di BEI Jadi Jawara!
Dilarang merokok. - bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kapitalisasi pasar empat perusahaan rokok yang sahamnya tercatat di PT Bursa Efek Indonesia mencapai Rp614,39 triliun.

Hingga perdagangan saham Senin (22/8/2016), kapitalisasi pasar saham perusahaan rokok bahkan menjadi jawara di Indonesia. Kapitalisasi pasar terbesar digenggam oleh emiten rokok PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP) senilai Rp467,59 triliun.

Untuk diketahui, besar dan pertumbuhan dari suatu kapitalisasi pasar perusahaan seringkali adalah pengukuran penting dari keberhasilan atau kegagalan perusahaan terbuka.

Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan jumlah saham perusahaan tersebut dengan harga sekarang dari saham tersebut. Kapitalisasi pasar keempat emiten rokok itu memberikan kontribusi 10,51% dari total kapitalisasi pasar (maket capitalization) saham di BEI Rp5.844 triliun.

Keempat perusahaan rokok itu adalah PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP), PT Gudang Garam Tbk. (GGRM), PT Bentoel Internasional Investama Tbk. (RMBA), dan PT Wismilak Inti Makmur Tbk. (WIIM).

Kapitalisasi pasar keempat emiten itu mencapai Rp614,39 Triliun. Masing-masing HMSP Rp467,59 triliun, GGRM Rp129,23 triliun, RMBA Rp16,74 triliun, WIIM Rp831,55 miliar.

Dua emiten rokok bahkan tercatat menempati 10 besar market cap raksasa Tanah Air. HMSP menempati urutan puncak yang menguasai 8%, sedangkan GGRM berada di urutan ke-8 yang mewakili 2,2% terhadap total kapitalisasi pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Rokok hm sampoerna gudang garam
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top