SOCI Raih Pinjaman Sindikasi US$180 Juta

Emiten pelayaran dan galangan kapal Soechi Lines telah meneken perjanjian fasilitas kredit senilai US$180 juta dengan tenor lima tahun
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 19 Agustus 2016  |  10:25 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Emiten pelayaran dan galangan kapal, PT Soechi Lines Tbk. telah meneken perjanjian fasilitas kredit senilai US$180 juta dengan tenor lima tahun.

Dalam keterangan tertulis yang diterbitkan perseroan, Jumat (19/8/2016),pinjaman tersebut akan digunakan untuk refinancing pinjaman yang sudah ada dan belanja modal perseroan anak usaha.

Standard Chartered Bank dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bertindak sebagai mandated lead arranger dan bookrunner dalam pemberian fasilitas kredit ke Soechi Lines. 

Sebelumnya, Paula Marlina, Direktur Keuangan Soechi Lines mengatakan perseroan memang tengah menjajaki pinjaman perbankan sebagai opsi pengganti dari penerbitan obligasi. 

Pasar obligasi valuta asing yang kurang kondusif membuat perusahaan berkode emiten SOCI memilih mencari pendanaan dari pinjaman perbankan. "Tahun ini rasanya belum dulu. Kami cari alternatif yang relatif lebih murah," ujarnya.

Di sisi lain, SOCI baru saja mendapat kontrak dari PetroChina International Jabung Ltd. SOCI untuk  pekerjaan penyimpanan minyak dan kondensat di Blok Jabung, Jambi.

Menurut Paula kontrak dari PetroChina akan mulai berkontribusi sejak Juli 2016. "PetroChina menjadi new market share buat kami," jelasnya.

Di Blok Jabung, Soechi Lines akan mengoperasikan kapal aframax yang baru dibeli pada Juni 2016 lalu. Kapal berbobot 100.000 DWT itu akan menampung minyak mentah dan kondensat dengan kapasitas 750.000 barel setara minyak.

Secara umum, SOCI menargetkan pertumbuhan pendapatan tahun ini di kisaran 10%--15% dengan asumsi kontrak time charter mencapai 85% sedangkan sisanya kontrak spot. Durasi kontrak time charter lebih panjang dibandingkan kontrak spot.

Per Juni 2016, pendapatan SOCI secara keseluruhan turun 9,8% menjadi US$63,98 juta. Di segmen pelayaran time charter, pendapatan perusahaan bersandi saham SOCI ini tumbuh 2,3% menjadi US$2,38 juta.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelayaran, Soechi Lines

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top