Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH ATAS DOLAR AS 5 AGUSTUS: Ini Sentimen Penggerak Kurs

Rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya pada perdagangan Jumat (5/8/2016) didorong faktor global dan domestik.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya pada perdagangan Jumat (5/8/2016) didorong faktor global dan domestik.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan rupiah menguat hingga Kamis sore setelah sempat melemah di awal minggu. Terlihat mayoritas kurs di Asia menguat cukup signifikan menandakan adanya faktor global sebagai pendorong.

Hari ini, isu global seperti stimulus oleh BoE serta penguatan harga minyak mentah bisa menjaga sentimen apresiasi rupiah. Penurunan imbal hasil global juga akan meminta imbal hasil SUN yang lebih rendah walaupun masih akan dibatasi risiko pelebaran defisit fiskal yang akan terjadi.

Adapun, fokus hari ini akan tertuju pada rilis angka pertumbuhan PDB kuartal II/16 yang diperkirakan membaik ke 4,97% YoY dari 4,92% YoY.

“Angka tersebut diperkirakan cukup baik menjangkar reli di pasar keuangan belakangan ini. Rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya pada hari ini,” katanya dalam riset yang diterima, Jumat (5/8/2016)

Sementara itu dari global, kekecewaan terhadap harapan tambahan likuiditas global sebenarnya mulai terobati setelah BoJ menambah stimulusnya. Namun, pendorong utama kembalinya euforia likuidiatas adalah keputusan BoE memangkas suku bunga acuan serta menaikkan target pembelian aset semalam.

Imbal hasil global turun cukup drastis hingga dini hari tadi, diperkirakan berlanjut di Asia hari ini. Dalam jangka pendek penguatan dollar index bisa menekan kurs pasar negara berkembang tetapi aliran dana asing yang berangsur masuk terpicu akan meminta apresiasi terhadap dollar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper