Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SENTIMEN PASAR 12 FEBRUARI: Bursa Global Jatuh ke Bear Market, RI Perlonggar Aturan Investasi Asing

Bursa saham global memasuki bear market. Indeks MSCI All-Country ditutup turun 1,3%, telah merosot 20% sejak Mei 2015.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 12 Februari 2016  |  05:20 WIB
Indeks MSCI All/Country ditutup turun 1,3%.
Indeks MSCI All/Country ditutup turun 1,3%.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan revisi daftar negatif investasi yang termasuk pelonggaran kepemilikan asing di sektor logistik dan operator telekomunikasi. Bursa global pagi ini memasuki bear market.

Bursa Global. Bursa saham global memasuki bear market. Indeks MSCI All-Country ditutup turun 1,3%, telah merosot 20% sejak Mei 2015. Indeks Dow Jones turun 1,6%, S&P 500 melemah 1,23%, sedangkan Stoxx 600 jatuh 3,68%.

Harga Minyak. WTI sempat menembus level terendah 12 tahun pada perdagangan intraday, sebelum memangkas pelemahan di akhir perdagangan. WTI bergerak melemah 0,55% ke US$27,30 per barel pada pukul 04.59 WIB, sedangkan Brent naik 0,71% ke US$31,06 per barel.

Yen Jepang. Yen sempat terapresiasi ke level 110,99 per dolar AS, terkuat sejak Oktober 2014 terdorong spekulasi Bank of Japan akan mengintervensi pasar. Yen diperdagangkan melemah 0,19% ke 112,63 per dolar AS pada pukul 05.45 WIB.

Daftar Negatif Investasi. Pemerintah mengumumkan serangkaian perubahan aturan bagi batasan investasi asing di Indonesia sebagai paket kebijakan ekonomi X. Investasi di sektor perfilman, cold storage, crumb rubber, dan restoran terbuka 100% bagi asing. Batasan kepemilikan asing di industri pergudangan naik dari 33% menjadi 63%, sedangkan beberapa sektor logistik ditetapkan terbuka dimiliki lebih dari 50% untuk asing.

Penjualan Otomotif. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan penjualan mobil wholesale turun 10% year on year menjadi 84.885 unit pada Januari, sedangkan penjualan ritel naik 1% ke 82.423 unit. Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) melaporkan penjualan sepeda motor turun 17,15% menjadi 416.263 unit.

KUR. Otoritas Jasa Keuangan menunjuk 19 bank dan 4 lembaga pembicayaan sebagai penyalur kredit usaha rakyat senilai Rp103,24 triliun. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mendapatkan porsi terbesar senilai Rp67,5 triliun, diikuti oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) senilai Rp13 triliun.

Repatriasi Tax Amnesty. Kementerian Keuangan akan menggunakan SBN non-tradable dengan holding period setahun sebagai wadah dana repatriasi dalam program tax amnesty. 

Industri Penerbangan. PT Angkasa Pura II menyatakan Air France dan Kuwait Airways dipastikan menutup rute penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno Hatta per 28 Maret 2016.

PGAS. Kementerian BUMN telah menunjuk Bahan Sekuritas untuk memetakan proyek infrastruktur gas PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) dan PT Pertamina Gas (Persero). Pemetaan untuk persiapan merger kedua BUMN dengan salah satu opsi pembelian pipa Pertagas oleh PGAS.

SSIA. PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) berencana mendirikan perusahaan patungan dengan modal awal Rp1,3 triliun untuk memperluas ekspansi lahan industri di Karawang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham msci sentimen pasar
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top