Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sukuk Korporasi Tak Bergerak

Kinerja pasar sukuk korporasi hingga kuartal I/2015 belum menunjukkan perbaikan alias masih jalan di tempat.

Bisnis.com, JAKARTA--Kinerja pasar sukuk korporasi hingga kuartal I/2015 belum menunjukkan perbaikan alias masih jalan di tempat.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kinerja pasar obligasi korporasi syariah atau sukuk korporasi belum mengalami perubahan sejak tahun lalu.

Pada pengujung 2014, jumlah emisi sukuk yang diterbitkan sekitar 71 sukuk dengan nilai Rp12,95 triliun. Namun, hingga saat ini, jumlah tersebut masih sama alias belum ada emisi sukuk yang baru.

Begitu juga dengan outstanding sukuk korporasi. Sejak pengujung 2014 hingga saat ini, nilai outstansing sukuk korporasi senilai Rp7,1 triliun dengan jumlah 35 sukuk.

Adapun, jumlah penerbitan sukuk sepanjang tahun lalu tercatat 7 penerbitan sukuk dengan nilai Rp923 miliar atau lebih rendah dibandingkan dengan 2013 yang mencapai 10 penerbitan dengan nilai Rp2,2 triliun.

Bila dilihat dengan merinci, perkembangan pasar sukuk korporasi memang lambat. Sejak 2013, pertumbuhan nilai emisi sukuk hanya sekitar 8% dari Rp11,99 triliun ke Rp12,95 triliun. Begitu juga dari jumlah sukuk yang hanya bertambah 7.

Memang masih rendah ya, tapi akan dicoba dengan berbagai insentif. Ini memang masih wacana dan sedang dipertimbangkan,”jelas Fadilah Kartikasasi, Direktur Pasar Modal Syariah OJK belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper