Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Produk Produk Reksa Dana dengan Return Tertinggi

Meskipun secara rata-rata kinerja reksa dana saham, campuran, dan pendapatan tetap masih di bawah kinerja indeks harga saham gabungan atau underperform, ternyata masih ada sejumlah produk reksa dana yang memiliki kinerja gemilang.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA- Meskipun secara rata-rata kinerja reksa dana saham, campuran, dan pendapatan tetap masih di bawah kinerja indeks harga saham gabungan atau underperform, ternyata masih ada sejumlah produk reksa dana yang memiliki kinerja gemilang.

Berdasarkan data PT Infovesta Utama, sepanjang Februari 2015, kinerja reksa dana saham sudah mulai membaik dibandingkan dengan Januari. return reksa dana saham tercatat 2,62% atau naik dibandingkan Januari yang hanya 0,62%.

Namun, bila melihat data sepanjang tahun berjalan atau year to date (ytd) Februari 2015, kinerja reksa dana pendapatan tetap masih unggul dengan return 4,12%, sedangkan reksa dana saham 3,26%.

Meski kinerja rata-rata keduanya masih di bawah pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang sekitar 4,27%, bukan berarti tidak ada produk yang memiliki kinerja memuaskan.

Data Infovesta menunjukkan, ada sejumlah produk yang memiliki kinerja jauh di atas rata-rata.

Untuk reksa dana saham, kinerja produk besutan PT Pratama Capital Assets Management Indonesia, yakni Pratama Dana Prima Saham dan Pratama Dana Investasi saham menduduki posisi pertama dan kedua dengan return tertinggi masing-masing 8,22% dan 7,48%.

Diikuti oleh produk milik PT BNI Asset Management, yakni BNI AM Dana Berkembang dengan return 7,27%.

Kemudian, di tempat keempat dan kelima ada produk milik Pratama Capital lagi dan PT Schroder Investment Management Indonesia, yakni Pratama Saham dan Schroder Indo Equity Fund yang mencatat return 7,16% dan 7,14%.

Untuk kelas reksa dana campuran, produk milik MNC Asset Management ada pada urutan pertama, yakni MNC Dana Kombinasi dengan return 9,38%.

Posisi kedua dan ketiga ada Kiwoom Indonesia Optimum Fund dan Pratama Syariah Imbang yang merupakan produk dari PT Kiwoom Investment Management Indonesia dan PT Pratama Capital Assets Management Indonesia dengan masing-masing return 9,33% dan 7,62%.

Kemudian, di posisi keempat ada produk besutan PT Schroder Investment Management Indonesia, yakni Schroder Dana Terpadu II dengan return 7,35%. Lalu ada Pacific Balanced Syariah dengan return 7,18%.

Sementara itu, untuk reksa dana pendapatan tetap, produk milik PT Mega Capital Investama, yatu Mega Dana Pendapatan Tetap dan Mega Dana Ori II ada di posisi pertama dan kedua dengan return 12,03% dan 11,63%.

Lalu, BNI AM Dana Pendapatan Tetap yang dikelola PT BNI Asset Management ada di urutan ketiga dengan return 9,98%.

Sedangkan posisi keempat dan kelima diisi produk milik PT Schroder Investment Management Indonesia dan PT Manulife Asset Management.

Masing-masing produk itu Schroder Dana Obligasi Utama dengan return 9% dan Manulife Dana Tetap Utama yang mencetak return 8,73%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper