Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRODUK INVESTASI: Calon Investor di Jabar Lebih Familiar Dengan ORI

Calon investor di Jabar dan Bandung pada khususnya dinilai sudah familiar dengan instrumen investasi obligasi negara ritel (ORI) dibandingkan dengan produk investasi lain.
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 06 Oktober 2014  |  19:00 WIB
PRODUK INVESTASI: Calon Investor di Jabar Lebih Familiar Dengan ORI
Perbankan pun kini telah semakin terbuka terhadap ORI. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG—Calon investor di Jabar dan Bandung pada khususnya dinilai sudah familiar dengan instrumen investasi obligasi negara ritel (ORI) dibandingkan dengan produk investasi lain.

Kepala Kantor BEI Bandung Gilman Pradana Nugraha menyatakan penjualan melalui 18 bank umum dan tiga perusahaan sekuritas turut meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap ORI011 karena masing-masing berlomba untuk menawarkan investasi ini.

“Sehingga pertanyaannya bukan lagi ORI itu apa? Tetapi menanyakan kapan ORI ditawarkan dan bagaimana ketentuan ORI yang baru, berapa besar pajaknya, dan sebagainya,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (6/10/2014).

Dia menyatakan persepsi di masyarakat telah terbangun obligasi negara ritel ini sebagai instrument investasi yang aman dan dijamin pemerintah, sehingga peluang pertumbuhan investasi ORI011 di Jabar masih sangat besar.

“Memang ada pertarungan atas dana dengan bank pemberi special rate yang walaupun telah dibatasi, [rate-nya] itu masih tinggi di atas tingkat kupon ORI. Tetapi hal itu tidak mengurangi potensi ORI,” ungkapnya.

Dengan tingkat return tetap sebesar 8,5% dan tenor selama tiga tahun, menurut Gilman, ORI memiliki keunggulan di mata calon investor dari sisi keamanan. “Karena tidak mungkin gagal bayar bunga kecuali kalau pemerintah bangkrut.”

Di sisi lain, Gilman berpandangan pihak perbankan pun kini telah semakin terbuka terhadap ORI karena dapat memanfaatkan penawaran instrumen investasi ini sebagai fee base income bagi banknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investor ori
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top