Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perusahaan Yang Akan Diakuisisi SMRU

Perusahaan tambang mangan di Nusa Tenggara Timur, PT SMR Utama Tbk. (SMRU) berencana mengakuisisi perusahaan jasa tambang, PT Ricobana senilai Rp1,017 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan tambang mangan di Nusa Tenggara Timur, PT SMR Utama Tbk. (SMRU) berencana mengakuisisi perusahaan jasa tambang, PT Ricobana senilai Rp1,017 triliun.

Seperti dikutip dari prospektus, Selasa (6/5/2014), dana tersebut akan diperoleh dari rights issue sebesar Rp1,05 triliun yang rencananya akan digelar bulan depan.

Seperti apa perusahaan yang diincar SMR Utama itu? PT Ricobana diketahui memiliki anak usaha yang bergerak di bidang jasa pertambangan, yaitu PT Ricobana Abadi.

Pada 1987, Ricobana Abadi memulai usahanya dengan penyewaan buldoser dan ekskavator kepada PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) di Tanjung Enim, Sumsel.

Selain itu, Ricobana Abadi juga menyewakan alat beratnya kepada pemberi kerja lainnya seperti PT Jaya Konstruksi MP dan PT Caltex Pacific Indonesia.

Pada 2007, perseroan mengembangkan jasanya menjadi kontraktor penambangan batu bara terintegrasi yang menyediakan jasa-jasa pembuangan overburden, penambangan, dan pengangkutan batu bara.

Tahun lalu, klien-kliennya adalah PT Berau Coal Energy Tbk. (BRAU), PT Tanito Harum, PT Diva Kencana Borneo, dan PT Baswara Sinar Mulia. Pada 2013, perseroan telah melakukan pekerjaan pengupasan tanah masing-masing sebesar 37,13 juta bcm.

Saat ini, perseroan memiliki armada sebanyak 432 kendaraan berat dan sarana pendukung operasional pertambangan, termasuk ekskavator, dump truck, grader, buldoser, cranes, dan mesin pengeboran.

Sejak mulai beroperasi pada 1987, Ricobana Abadi telah melakukan 12 proyek yang tersebar di Indonesia. Saat ini, perseroan memiliki 3 proyek yang sedang dilaksanakan dan 1 proyek yang dalam tahap perencanaan.

 

Proyek-proyek yang sedang dikerjakan          Lokasi                         Jangka waktu  Lingkup kerja

PT Tanito Harum                                            Pondok Labu,                         2010—2014    jasa kontraktor

                                                                        Kalsel                                                 

PT Berau Coal Energy Tbk. (BRAU)             Kutai Timur, Kaltim    2010—2014    jasa kontraktor

PT Berau Coal Energy Tbk. (BRAU)             Kutai Timur, Kaltim    2013—2017    jasa kontraktor

           

Proyek yang masih dalam tahap perencanaan

PT Gunung Bara Utama                                 Kutai Barat, Kaltim    2015—2019    jasa kontraktor

 

Sumber: prospektus SMRU 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper