Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi di Bursa Berjangka Jakarta Naik 21,98% pada Februari

Data dari BBJ yang diterima Bisnis, Senin (17/3/2014) menunjukkan total volume transaksi di BBJ naik sekitar 21,98% dari 25.610 pada Januari menjadi 32.826 transaksi pada Februari 2014. Di antara komoditas yang ditransaksikan di bursa tersebut, hampir semua mengalami kenaikan, termasuk oelin, emas berjangka, dan kakao.

Bisnis.com, JAKARTA—Volume transaksi Bursa Berjangka Jakarta (BBJ/JFX) tercatat menanjak selama dua bulan pertama tahun ini.

Data dari BBJ yang diterima Bisnis, Senin (17/3/2014) menunjukkan total volume transaksi di BBJ naik sekitar 21,98% dari 25.610 pada Januari menjadi 32.826 transaksi pada Februari 2014. Di antara komoditas yang ditransaksikan di bursa tersebut, hampir semua mengalami kenaikan, termasuk oelin, emas berjangka, dan kakao.

Volume transaksi olein 20 ton tercatat melonjak 25% menjadi 2.056 transaksi bulan lalu. Adapun kontrak berjangka emas satu kilogram melambung lebih dari 700% dari empat transaksi menjadi 31 transaksi pada Februari.

Sebagai informasi, harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan emas belakangan menanjak hebat. Olein adalah produk turunan CPO. Harga CPO sempat mendekati level 2.900 ringgit per ton di Bursa Malaysia Derivatives.

Adapun harga emas hingga saat ini masih terus melaju, analis mengatakan target selanjutnya emas akan menuju ke US$1.400 per troy ounce dalam waktu dekat ini.

Selain olein dan emas, kopi robusta dan arabika juga turut menanjak tajam di BBJ. Volume transaksinya selama Februari meningkat hampir 40% dari bulan sebelumnya, dari 4.000-an menjadi 7.000 transaksi. Harga kopi juga sedang bersemi di pasar internasional dan sempat menanjak sekitar 80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper