Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Agroniaga (AGRO) Segera Tambah Saham Publik Jadi 10%

PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO) bakal meningkatkan kepemilikan saham publik menjadi 10% dari saat ini sebanyak 5,5% dari modal disetor perseroan selama 24 bulan.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 27 Januari 2014  |  15:14 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO) bakal meningkatkan kepemilikan saham publik menjadi 10% dari saat ini sebanyak 5,5% dari modal disetor perseroan selama 24 bulan.

Emiten perbankan ini memiliki komitmen ke otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan kepemilikan saham publiknya menjadi 10% dari modal disetor.

“BRI akan lepas secara bertahap selama 24 bulan. Kami akan lihat dulu situasi pasar dan kami tidak ingin saham kami jatuh,” kata Hirawan Nur Kustono, Sekretaris Korporasi BRI Agroniaga, Senin (27/1/2014).

Menurutnya, pihaknya akan berdiskusi dengan induk usaha, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), untuk meningkatkan jumlah saham beredar di publik. BBRI yang saat ini memegang 80,42% saham AGRO bakal melepas sebagian sahamnya agar terpenuhi komitmen ke BEI.

"Free float AGRO saat ini masih 5,5%. Untuk penuhi komitmen sebesar 10%, induk usaha akan tambah sekitar 4,5%,” kata Hirawan.

Saat ini BBRI menguasai 80,42% saham AGRO, Dana Pensiunan Perkebunan mengantongi 14,02%, dan publik 5,55%.

Pelepasan saham ke publik akan dilakukan AGRO untuk memenuhi Peraturan Nomor 1-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat. Ketentuan itu menyebut jumlah saham yang dimiliki pemegang saham bukan pengendali dan bukan pemegang saham utama paling kurang 50 juta saham dan paling kurang 7,5% dari jumlah saham dalam modal disetor.

“Menurut kami, aturan tersebut bagus untuk meningkatkan likuiditas di pasa,” ujar Hirawan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

agro free float bri agroniaga
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top