Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merger XL-AXIS: Tidak Terbitkan Saham Baru

Pascapenggabungan saham PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan AXIS, EXCL tidak akan menerbitkan saham baru sehingga tidak terdapat konversi saham AXIS menjadi saham EXCL.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 20 Januari 2014  |  23:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA –  Pascapenggabungan saham PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan AXIS, EXCL tidak akan menerbitkan saham baru sehingga tidak terdapat konversi saham AXIS menjadi saham EXCL.

Saham yang dimiliki PT Harmersha Investindo di AXIS sebesar 5% akan dijual kepada PT Pesona Nuansa Abadi saat penutupan transaksi jual beli (akuisisi) 95% saham AXIS oleh perseroan. Sebelum merger AXIS ke XL Axiata, seluruh saham milik Pesona Nuansa Abadi dalam AXIS akan dialihkan ke perseroan.

"Selanjutnya, perseroan tidak akan mengonversi saham tersebut menjadi saham perseroan sehingga tidak akan ada pengeluaran saham baru perseroan," tulis Murni Nurdini, Sekretaris Korporasi XL Axiata, dalam keterbukaan informasi, Senin, (20/1/2014).

Penjualan 5% saham AXIS milik Harmersha Investor kepada Pesona Nuansa Abadi disepakati berharga US$5. Pertimbangannya, AXIS memiliki ekuitas negatif per 30 September 2013. XL tidak tahu alasan Harmersha menjual sahamnya di AXIS sebelum tanggal efektif penggabungan. Yang pasti, pergantian pemegang saham mayoritas AXIS merupakan salah satu kemungkinan alasan penjualan 5% saham AXIS oleh Harmersha.

Nilai pembelian untuk 95% saham AXIS sebesar US$100 per saham. Nilai transaksi sebesar US$865 juta atau Rp10,05 triliun, sedangkan nilai obyek penilaian berdasarkan laporan pendapat kewajaran sebesar Rp9,74 triliun.

"Terdapat selisih antara nilai objek penilaian dengan rencana nilai transaksi sebesar 3,04%. Selisih tersebut masih dalam batasan wajar karena masih berada dalam rentang 7,5% sesuai aturan Bapepam dan LK," kata Murni.

Jumlah liabilitas AXIS yang dibayar XL Axiata sebesar US$864,99 juta.

Dari total nilai rencana transaksi sebesar US$865 juta, XL akan membayar US$100 kepada pemegang saham AXIS, yakni Teleglobal Investments B.V. untuk memperoleh 95% saham. Sisanya, sebesar US$864.999.900 akan dicadangkan XL untuk melunasi sisa utang AXIS ke pihak ketiga. Sedangkan, seluruh sisa utang AXIS kepada pemegang saham existing dihapusbukukan sesuai kesepakatan dengan pemegang saham existing.

"Maka, dari total rencana nilai transaksi akuisisi AXIS sebesar US$865 juta telah mencakup nilai pelunasan liabilitas AXIS," tulis Murni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata axis merger excl
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top