Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OPEC Turunkan Produksi Minyak Mentah

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) turunkan produksi minyak mentah selama November ke level terendah dalam waktu lebih dari dua tahun setelah produksi mereka turun di bawah batas atas 30 juta barel per hari hingga bulan ketiga.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 11 Desember 2013  |  08:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menurunkan produksi minyak mentah selama November ke level terendah dalam waktu lebih dari dua tahun setelah produksi mereka turun di bawah batas atas 30 juta barel per hari hingga bulan ketiga.

Menurut laporan bulanan organisasi ini, OPEC mengekspor 29,63 juta barel bulan lalu dan 29,83 juta barel pada Oktober. Tingkat produksi itu merupakan yang terendah sejak Mei 2011.

Kelompok tersebut memutuskan untuk mempertahankan batas produksi 30 juta barel pada pertemuan di Wina pekan lalu. Pasalnya sejumlah negara anggota puas dengan keputusan soal kuota itu, ujar, Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi pada 4 Desember lalu.

“Dalam membuat keputusan, negara anggota memastikan kembali kesiapan mereka untuk merespons secara tepat perkembangan yang tidak bisa diperkirakan yang bisa berdampak buruk pada stabilitas pasar minyak,” tulis laporan OPEC sebagaimana dikutip Bloomberg, Rabu (11/12/13).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak opec produksi minyak harga minyak mentah minyak mentah dunia produksi minyak mentah

Sumber : Bloomberg

Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top