Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkeu: Pelemahan Rupiah Karena Kekhawatiran Tapering Off

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah hingga penutupan Kamis (21/11/2013) sore menjadi Rp11.702 per dolar AS, dikarenakan adanya kekhawatiran dari pelaku pasar atas potensi tapering off dari Bank Sentral AS (the Fed).
Menkeu Chatib Basri /antara
Menkeu Chatib Basri /antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah hingga penutupan Kamis (21/11/2013) sore menjadi Rp11.702 per dolar AS, dikarenakan adanya kekhawatiran dari pelaku pasar atas potensi tapering off dari Bank Sentral AS (the Fed).

"Semua melemah di regional hari ini, kelihatannya memang ada kekhawatiran mengenai tapering off walaupun Bernanke menyatakan Quantitative Easingnya masih akan berlanjut," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis malam.

Chatib mengatakan pelemahan nilai tukar terhadap dolar AS merupakan fenomena global dan hal ini merupakan faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya depresiasi rupiah dalam beberapa hari terakhir.

Selain itu, dia menambahkan, faktor lain yang menjadi penyebab pelemahan rupiah adalah faktor kebutuhan valas yang meningkat menjelang akhir bulan, dan Bank Indonesia tidak melakukan upaya intervensi terhadap fenomena bulanan tersebut.

"Setiap akhir bulan kebutuhan valas meningkat, dan sekarang Bank Indonesia, setahu saya tidak melakukan intervensi. Jadi kalau ada permintaan valas, nilai kurs akan mengikuti saja," ujarnya.

Menurut dia, pelemahan rupiah saat ini merupakan momentum bagus untuk memperkecil defisit neraca transaksi berjalan, karena membuat harga barang impor menjadi mahal dan barang ekspor menjadi lebih murah.

"Somehow ini bagus, karena akan membuat harga impor menjadi lebih mahal, ekspornya murah sehingga defisit di current accountnya menjadi lebih kecil," kata Chatib.

Mata uang rupiah melanjutkan pelemahan menjadi Rp11.702 per dolar AS setelah hasil pertemuan the Fed memicu spekulasi di pasar bahwa stimulus keuangan kemungkinan dipangkas lebih cepat dari perkiraan.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore, bergerak melemah sebesar 42 poin menjadi Rp11.702 dibanding posisi sebelumnya (20/11) Rp11.660 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper