Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Obligasi Melemah, Investor Tunggu Keputusan the Fed

Setelah mengalami reli selama sepekan terakhir, pasar obligasi kembali melemah akibat penantian investor terhadap keputusan rapat the Fed terkait dengan stimulus moneternya.

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah mengalami reli selama sepekan terakhir, pasar obligasi kembali melemah akibat penantian investor terhadap keputusan rapat the Fed terkait dengan stimulus moneternya.

Imbal hasil obligasi pemerintah di pasar skunder kembali naik kemarin. Menurut data PT Penilai Harga Efek Indonesia (Indonesia Bond Pricing Agency/IBPA), imbal hasil obligasi acuan pemerintah bertenor 10 tahun FR0063 ditutup melemah 18 basis poin ke level 7,03%.

“Ini hanya koreksi sehat setelah rally selama sepekan terakhir. Investor juga wait and see menjelang rapat the Fed mengenai berlanjut tidaknya stimulus moneter AS,” papar Fakhrul Aufa, analis obligasi IBPA, Rabu (30/10/2013).

Menurut riset IBPA, pergerakan pasar pekan ini diperkirakan masih didominasi oleh sentimen positif, yaitu terkait berakhirnya pemberhentian masa pemerintahan AS (shut down) dan ancaman debt ceiling AS.

Selain membaiknya data PDB China untuk kuartal  III/2013 dan dirilisnya beberapa data ekonomi pada pekan ini yang tercatat membaik diprediksi semakin memberikan sentimen positif ke pasar.

Dominasi bullish tidak hanya terjadi pada obligasi berdenominasi rupiah. Penurunan yield selama pekan lalu juga tampak terjadi pada obligasi berdenominasi valas (global bond) di sepanjang tenornya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper