Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKSI CITA: Berencana Tambah Saham Rp725,25 Miliar di Well Harvest

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) berencana menambah penyertaan saham dalam entitas asosiasi yakni PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW) sebesar Rp725,25 miliar atau setara US$75 juta.
Vega Aulia Pradipta
Vega Aulia Pradipta - Bisnis.com 27 Mei 2013  |  20:37 WIB
AKSI CITA: Berencana Tambah Saham Rp725,25 Miliar di Well Harvest
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) berencana menambah penyertaan saham dalam entitas asosiasi yakni PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW) sebesar Rp725,25 miliar atau setara US$75 juta.

Untuk memuluskan rencana itu, perseroan memerlukan persetujuan dari para pemegang saham dalam RUPS Luar Biasa yang rencananya digelar 24 Juni 2013.

Pasalnya, transaksi ini termasuk transaksi material dan afiliasi karena penambahan saham itu mencapai 63,92% dari total ekuitas perseroan per 31 Desember 2012 sebesar Rp1,134 triliun.

Seperti dikutip dari prospektus yang dirilis Senin (27/5/2013), Well Harvest Winning adalah perusahaan yang bergerak di industri pengolahan dan pemurnian bijih bauksit menjadi alumina.

Lokasinya di wilayah Dusun Sungai Tengar, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Namun sampai dengan saat ini, Well Harvest Winning belum memulai produksi komersialnya.

Cita Mineral adalah salah satu pemegang saham Well Harvest Winning dengan kepemilikan saham sebesar 23.500 saham yang merupakan 25% dari seluruh saham. Sementara, pemegang saham sisanya adalah China Hongqiao Group Limited 60%, Winning Investment (HK) Company Limited 10% dan PT Danpac Resources Kalbar 5%.

Adapun Cita Mineral bersama dengan entitas anaknya, PT Harita Prima Abadi Mineral dan PT Karya Utama Tambangjaya fokus berusaha di pertambangan mineral, khususnya bijih bauksit.

Manajemen Cita Mineral menyatakan manfaat dari penambahan saham ini adalah kelangsungan hidup (going concern) perseroan dan anak usaha bisa dipertahankan, karena perseroan akan menjadi pemasok utama bahan baku bauksit untuk Well Harvest Winning. Sumber bijih bauksit akan berasal dari beberapa lokasi penambangan bauksit yang berada di Kabupaten Ketapang.

“Dengan dilakukannya transaksi ini maka perseroan telah memenuhi ketentuan Permen ESDM 7/2012 yang diubah dengan Permen ESDM 11/2012 mengenai peningkatan nilai tambah mineral,” ungkap manajemen.

Selain itu, penyertaan saham pada Well Harvest Winning diharapkan bisa meningkatkan laba bersih dan nilai kini arus kas perseroan.

Pada kuartal I/2013, penjualan bersih Cita Mineral mencapai Rp765,11 miliar, naik 14,73% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp666,84 miliar. Sedangkan, laba bersih sebesar Rp158,07 miliar, meroket 264% dari sebelumnya Rp43,33 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten cita mineral cita well harvest
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top