Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joint Venture Mitrabara Adiperdana (MBAP) dan Masdar Ekspansi Proyek PLTS

Solar Radiance (MMSR) meresmikan PLTS Atap di Mall Panakukang Makassar.
Masdar Mitra Solar Radiance meresmikan PLTS Atap yang dipasang di Mall Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan./Istimewa
Masdar Mitra Solar Radiance meresmikan PLTS Atap yang dipasang di Mall Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan joint venture PT Mitrabara Adiperdana Tbk. (MBAP) dan Masdar, PT Masdar Mitra Solar Radiance (MMSR) atau Solar Radiance terus melebarkan sayap usaha di bidang penyewaan mesin dan peralatan tenaga surya.

Teranyar, Masdar Mitra Solar Radiance meresmikan PLTS Atap yang dipasang di Mall Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (24/10/2024).

Direktur Operasional MMSR Hans Kartika Putra mengatakan peresmian tersebut menjadi langkah dalam memberikan kontribusi riil untuk energi hijau terbarukan di Indonesia dan dalam mengurangi pemanasan global dunia. 

“Mall Panakkukang akan berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon dan menjadi salah satu ikon penggerak energi terbarukan di Makassar,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (28/10/2024).

Business Development Director D’BEST GROUP Soegianto mengungkap kerja sama dengan Solar Radiance merupakan langkah untuk merealisasikan road map D'Best group untuk energi terbarukan.

"Dari tahap pertama ini 1.700 MWh menuju target 15.000 MWh pada 2026 atau setara dengan 170.000 pohon yang berumur 10 tahun dalam menyerap karbon pertahun,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa proyek PLTS Atap Mall Panakkukang, Makassar, ini sudah dilakukan pembangunannya sejak Juli 2024 dan rencananya akan beroperasi pada pertengahan November 2024 dengan target kapasitas sebesar 1,24 MWp. 

Selanjutnya, President Commissioner MMSR sekaligus President Director MBAP Khoirudin berharap kerja sama dan sinergi seperti ini bisa terus terjalin dan ditingkatkan lagi ke depannya sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi karbon di Indonesia. 

“Bukan hanya itu sebagai bentuk dukungan dengan mengedepankan environmental, social, and governance [ESG] dedikasi kami terhadap tanggung jawab lingkungan merupakan bagian integral dari nilai dan identitas perusahaan. Kami berharap pertumbuhan ekonomi dan pemanfaatan energi berkelanjutan dapat berjalan selaras dan tentunya dalam operasional bisnis,” tambahnya.

Menurutnya, kolaborasi ini dapat menjadi contoh dan penggerak untuk semangat baik bagi para pelaku industri dalam melaksanakan upaya transisi energi dan mencapai target net zero emission di Indonesia.

MMSR merupakan joint venture yang 52,5% sahamnya dimiliki oleh Mitrabara Adiperdana dan mulai beroperasi pada 2023. Nilai investasi MBAP di perusahaan tersebut sebesar US$3,26 juta per 30 Juni 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper