Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orang Dekat Haji Isam Masuk Kabinet Prabowo, Saham JARR Melonjak

Saham PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR) melonjak sejalan dengan pelantikan orang dekat Haji Isam sebagai menteri dan wamen dalam kabinet Prabowo-Gibran.
Ana Noviani, Mochammad Ryan Hidayatullah
Senin, 21 Oktober 2024 | 15:07
Seremoni pencatatan saham perdana PT Jhonlin Agro Raya Tbk dengan kode saham JARR sebagai Perusahaan Tercatat ke-33 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2022, Kamis (4/8/2022)/Dok.BEI
Seremoni pencatatan saham perdana PT Jhonlin Agro Raya Tbk dengan kode saham JARR sebagai Perusahaan Tercatat ke-33 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2022, Kamis (4/8/2022)/Dok.BEI

Bisnis.com, JAKARTA — Saham emiten perkebunan sawit dan pengolahan CPO, PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR) melonjak sejalan dengan pelantikan orang dekat Haji Isam sebagai menteri dan wamen dalam kabinet Prabowo-Gibran.

Di lantai bursa hingga pukul 14.40 WIB, saham Jhonlin Agro Raya melesat 16,15% atau 52 poin ke posisi Rp374 per saham. Dengan demikian, saham JARR sudah naik 39,55% dalam sebulan atau 50,81% secara year-to-data (YtD). 

JARR memiliki total kapialisasi pasar sebanyak Rp3,43 triliun. Adapun mayoritas saham JARR dimiliki oleh PT Eshan Agro Sentosa dengan porsi 86,64%, PT Sinar Bintang Mulia 0,07%, dan masyarakat 13,29%. 

Sebagai informasi, JARR merupakan perusahaan perkebunan sawit milik crazy rich Kalimantan, Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam. Saat ini, putra Haji Isam, Jhony Saputra duduk sebagai Komisaris Utama di Jhonlin Agro Raya. 

Seperti diberitakan empat tokoh yang memiliki hubungan dengan Haji Isam masuk dalam jajaran menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih. Haji Isam merupakan pemilik Jhonlin Group (JG) yang bergerak di berbagai bidang mulai dari pertambangan, layanan pelabuhan, transportasi udara, hingga manufaktur.

Perusahaan induk tersebut pun menaungi beberapa anak perusahaan seperti PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Air Transport, PT Jhonlin Agromandiri, PT Jhonlin Marine and Shipping, PT Jhonlin Batu Mandiri, hingga Jhonlin Agro Raya.

Berdasarkan penelusursan Bisnis, terdapat tiga orang dekat Haji Isam yang ditunjuk jadi menteri oleh Prabowo. Sementara itu, satu orang sisanya menjadi wakil Menteri.

Nama pertama yakni, Andi Amran Sulaiman. Dia ditunjuk sebagai Menteri Pertanian di pemerintahan Prabowo-Gibran. Amran juga sebelumnya menempati jabatan tersebut dalam kabinet di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Amran merupakan sepupu dari Haji Isam. Amran pernah tercatat menjadi Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR) besutan Haji Isam. Jabatan itu diduduki Amran pada 2021 lalu, sebelum diserahkan ke Jhony Saputra, anak Haji Isam.

Nama kedua, yakni Dudy Purwagandhi. Dudy ditunjuk Prabowo untuk mengemban jabatan Menteri Perhubungan.

Dudy merupakan komisari PT PLN (Persero). Dudy tercatat memiliki sejumlah pengalaman di berbagai perusahaan sebelum menjadi Komisaris PLN.

Pengalaman itu salah satunya menjadi direktur PT Jhonlin Marine Trans pada 2008-2009. Jhonlin Marine Trans merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan konglomerat Haji Isam.

Jhonlin Marine Trans bergerak di bidang pelayaran sebagai transportir pemuatan kargo bijih besi  maupun batu bara, dari pelabuhan Sungai Dua, Setangga dan Kodeco menuju ke vassel (kapal besar).

Selain itu, Dudy juga pernah menjabat sebagai Direktur di perusahaan transportasi lainnya milik Haji Isam, yaitu PT Jhonlin Air Transport pada 2008-2009. Jhonlin Air Transport merupakan maskapai penerbangan regional, dengan fokus pada wilayah Kalimantan Selatan.

Orang Dekat Haji Isam Masuk Kabinet Prabowo, Saham JARR Melonjak

Selanjutnya, Dody Hanggodo ditunjuk Prabowo untuk menjabat Menteri Pekerjaan Umum (PU). Berdasarkan penelusuran Bisnis, memang tak banyak catatan soal karier professional Dody.

Adapun yang tercatat di media, Dody pernah menjadi komisaris PT Pradiksi Gunatama Tbk. (PGUN). Perusahaan itu bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit.

Perusahaan tersebut berlokasi di Kecamatan Batu Engau, kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur dengan luas izin usaha mencapai 22.500 hektare.

PGUN merupakan anak usaha PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Lestari. Adapun Citra Agro Raya Lestari dan Araya Agro Lestari merupakan entitas usaha yang dimiliki oleh anak Haji Isam, yakni Jhony Saputra dan Liana Saputri.

Keempat, Sulaiman Umar ditunjuk Prabowo untuk menjadi wakil Menteri kehutanan. Sulaiman merupakan adik ipar dari Haji Isam.

Sulaiman merupakan suami dari Noor Andi Arinawati Arsyad atau Arina Sulaiman. Adapun, Arina Sulaiman merupakan adik Haji Isam.

Selain itu, kedekatan Sulaiman dan Prabowo sudah terjalin sebelumnya. Dia merupakan Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) kandidat Prabowo-Gibran di Kalimantan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper