Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Subianto Resmi jadi Presiden RI, IHSG Berpotensi Menguat Pekan Depan

Simak ramalan IHSG dan saham-saham pilihan usai Prabowo-Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden.
Presiden RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024). - Youtube Setpres RI
Presiden RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024). - Youtube Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA – Tren penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan berlanjut usai presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dilantik pada Minggu (20/10/2024).

Head Riset Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas menuturkan bahwa prospek indeks komposit selama periode perdagangan 21 – 25 Oktober 2024 diyakini tetap positif di tengah pelantikan pemerintahan baru.

“Tren penguatan bisa berlanjut karena secara teknikal, indeks sudah menyelesaikan koreksinya,” ujar Sukarno kepada Bisnis, Minggu (20/10/2024).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode perdagangan 14 – 18 Oktober 2024, IHSG mencatatkan kenaikan sebesar 3,18% atau berangkat dari level 7.520,60 pada pekan lalu menuju 7.760,06.

BEI juga mencatat rata-rata rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa selama sepekan tumbuh 6,73% menjadi 1,26 juta kali transaksi. Adapun, kapitalisasi pasar atau market cap meningkat 3,47% dari pekan sebelumnya menjadi Rp12.967 triliun.

Sukarno menuturkan jika IHSG terkoreksi pada pekan depan, hal tersebut merupakan bagian dari koreksi wajar dalam tren minor karena adanya aksi ambil untung.

Dia juga memandang mayoritas sektor saham memiliki peluang bertumbuh selama perdagangan pekan depan. Hanya saja, sektor yang berkaitan dengan program Prabowo-Gibran berpotensi menguat lebih dominan.

Saham pilihan Kiwoom Sekuritas yang dapat dicermati investor, antara lain, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), serta PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES).

Selanjutnya adalah saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN), dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA).

Dalam perkembangan terkini, Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah tiba di Gedung MPR, Senayan untuk dilantik sebagai presiden periode 2024–2029.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com di lokasi, Prabowo tiba di lobi Gedung MPR sekitar pukul 09.08 WIB. Pria yang sebelumnya menjabat Menteri Pertahanan itu mengenakan pakaian adat Betawi seperti halnya Wapres terpilih Gibran Rakabuming.

________________

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper