Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Bisnis Manajer Investasi, BRI Gandeng Perusahaan Eropa Amundi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menggandeng perusahaan aset manajemen Eropa, Amundi sebagai pemegang saham minoritas PT BRI Manajemen Investasi.
Gedung Bank BRI Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Gedung Bank BRI Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menggandeng perusahaan aset manajemen Eropa, Amundi sebagai pemegang saham minoritas PT BRI Manajemen Investasi. 

Sekretaris Perusahaan BRI Agustya Hendy Bernadi memaparkan BRI dan Amundi Asset Management telah menandatangani Perjanjian Pengambilan Bagian Saham Bersyarat (Conditional Share Subscription Agreement/CSPA) pada 30 Agustus 2024. 

CSPA tersebut mengatur kewajiban dan hak BBRI terhadap Amundi sehubungan dengan rencana kerja sama strategis jangka panjang terkait dengan perusahaan anak BRI yang bergerak di bidang usaha manajer investasi, PT BRI Manajemen Investasi.

“Rencana transaksi berupa pemesanan saham baru oleh Amundi pada BRI Manajemen Investasi sehingga Amundi akan menjadi pemegang saham minoritas dan perseroan akan tetap sebagai pemegang saham mayoritas di BRI MI,” jelasnya dalam keterbukaan informasi, Selasa (2/9/2024).

Hendy menambahkan rencana transaksi dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan bisnis BRI MI.

Sebagai informasi, Amundi merupakan perusahaan aset manajemen terkemuka di Eropa. Amundi tercatat memiliki lebih dari 100 juta klien investor ritel, institusi, dan korporat. 

Amundi memberikan solusi investasi dengan pengelolaan dana secara aktif maupun pasif di aset tradisional maupun real assets.

Hingga semester I/2024, asset under management (AUM) Amundi menyentuh 2.156 miliar euro. Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi (all time high) Amundi. Adapun di Asia, total AUM Amundi tercatat senilai 451 miliar euro.

Sementara itu, OJK mencatat BRI MI mengelola 72 produk reksa dana dengan total dana kelolaan Rp33,25 triliun per Juli 2024. 

BRI MI sebelumnya bernama PT Danareksa Investment Management atau DIM. Perseroan resmi berubah menjadi PT BRI Manajemen Investasi atau BRI-MI pada 5 Juli 2023. 

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari perubahan struktur kepemilikan saham perseroan pada penghujung 2022, yakni 65% dimiliki BRI dan 35% dimiliki PT Danareksa (Persero).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper