Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Rawan Koreksi Jelang Putusan The Fed, Intip Saham BNGA, MAPI Cs

IHSG hari ini Rabu (31/7/2024) rawan terkoreksi jelang putusan suku bunga bank sentral AS The Fed.
Karyawan beraktivitas di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — IHSG hari ini diproyeksikan akan menguji support di level 7.220 pada perdagangan Rabu (31/7/2024) jelang keputusan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed),

Tim Analis Phintraco Sekuritas menyebutkan secara teknikal, terdapat pelebaran negative slope pada MACD yang sejalan dengan breaklow pada MA5 dan MA20 yang menjadi indikasi pelemahan lanjutan. 

“Dengan demikian, IHSG diperkirakan uji support di level 7.220 pada Rabu,” kata tim analis dalam riset harian, Rabu (31/7/2024). 

Seperti yang diketahui, pada perdagangan sebelumnya IHSG membukukan penurunan sebesar 47,03 poin atau 0,65% menuju posisi 7.241,86. Sebanyak 260 saham menguat, 305 saham menurun, dan 220 saham bergerak di tempat.

Tim Analis menyebutkan beberapa sentimen yang akan mempengaruhi gerak IHSG hari ini, di antaranya pasar akan merespon rilis data inflasi di Euro Area serta tingkat pengangguran di Jerman pada 2024. 

Jerman diprediksi akan mencatatkan penambahan jumlah pengangguran sebesar 15 ribu orang, lebih rendah dari bulan Juni 2024 sebanyak 19 ribu orang. Di sisi lain, tingkat pengangguran di Jerman diperkirakan akan tetap sama dengan Juni 2024 di level 6% seiring dengan antisipasi pasar terhadap perekonomian Jerman yang masih lemah. 

Sementara pasar di kawasan regional akan disibukkan dengan beberapa rilis data penting dari China dan Jepang. China dijadwalkan merilis data indeks manufaktur Tiongkok (NBS) untuk Juli yang diperkirakan masih berada pada zona kontraksi di level 49,3 yang menandai pelemahan aktivitas manufaktur yang berkelanjutan selama tiga bulan berturut-turut. 

Selain itu, pasar juga menantikan pernyataan dari BoJ terkait outlook perekonomian Jepang serta keputusan tingkat suku bunga yang masih diperkirakan sama di level 0,1%. 

Sejalan dengan proyeksi IHSG dan sentimennya, Phintraco Sekuritas merekomendasikan beberapa saham untuk diperhatikan pada perdagangan hari ini, di antaranya BNGA, MDKA, MAPI, BBYB, dan ESSA. 

Dalam pemberitaan Bisnis sebelumnya, Analis memperkirakan bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) tidak akan melonggarkan kebijakan moneter mereka dalam pertemuan kebijakan pekan ini. 

Para pengamat mempertimbangkan bahwa para pembuat kebijakan akan menyiapkan langkah untuk penurunan suku bunga pada pertemuan berikutnya pada September 2024. 

Adapun, para pejabat The Fed diperkirakan juga semakin yakin bahwa inflasi akan menurun secara berkelanjutan hingga menyentuh target 2%. Mereka juga lebih memperhatikan pengangguran yang meningkat, yang menandakan bahwa pemangkasan mungkin sudah dekat. 

Namun sebagian besar analis mengatakan bahwa bank sentral masih membutuhkan sedikit waktu untuk memastikannya, sekaligus mempersiapkan pasar untuk tindakan signifikan yang akan datang. 

"Saya pikir mereka akan memandang September dengan sangat serius. Bagi saya, ini seperti kita akan memasuki masa di mana keputusan itu lebih penting dan itulah mengapa saya lebih yakin,” jelas Mantan presiden Kansas City Fed Esther George.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper