Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten EV Grup Bakrie VKTR Bukukan Penurunan Kinerja Semester I/2024, Ini Biang Keroknya

Laba bersih emiten kendaraan listrik Grup Bakrie VKTR turun secara tahunan pada semester I/2024.
Baru IPO, emiten kendaraan listrik Grup Bakrie PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) menggandeng Grup CATL bangun pabrik konversi bus dan truk listrik.
Baru IPO, emiten kendaraan listrik Grup Bakrie PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) menggandeng Grup CATL bangun pabrik konversi bus dan truk listrik.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten kendaraan listrik milik Grup Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) membukukan penurunan kinerja keuangan secara tahunan pada semester I/2024.

Berdasarkan laporan keuangan di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (26/7/2024), laba bersih VKTR mengalami penurunan 65,04% secara year-on-year (YoY) menjadi Rp15,11 miliar pada periode Januari-Juni 2024, dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp43,22 miliar.

Koreksi laba bersih VKTR tidak lepas dari pendapatan yang juga terkoreksi 36,31% YoY menjadi Rp408,99 miliar, dibandingkan semester I/2023 sebesar Rp642,19 miliar.

Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono mengatakan terjadi kontraksi dalam penjualan, terutama pada segmen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan manufaktur suku cadang. 

"Hal ini sejalan dengan tren penjualan kendaraan nasional yang tercatat  menurun sebesar 19% YoY bahkan lebih dalam di segmen kendaraan komersial yang menurun sebesar 26% YoY menurut data Gaikindo," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (26/7/2024).

Dia mengatakan penurunan kinerja ini dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti periode politik dan kondisi makro global tidak menentu yang sangat mempengaruhi kondisi finansial dan perbankan, namun VKTR tetap optimis dalam menjalankan bisnis yang unggul.

Sebagai langkah strategis, VKTR telah memulai pembangunan fasilitas kendaraan listrik komersial berbasis completely knock down (CKD) pertama di Indonesia melalui anak perusahaan VKTS di Magelang, Jawa Tengah. VKTS saat ini masih dalam proses pembangunan, dan ditargetkan akan selesai pada Agustus 2024. 

Untuk mesin dan peralatan akan mulai instalasi pada September 2024 dan ditargetkan akan selesai pada Oktober 2024. VKTS akan siap secara line production untuk commissioning pada Oktober 2024 hingga November 2024. 

Dari segi inovasi, VKTR juga telah berhasil merampungkan prototipe pertama kendaraan listrik lightduty - compactor yang ditargetkan untuk diluncurkan pada akhir Agustus 2024.

“Saat ini VKTR fokus memenuhi kebutuhan klien untuk EV terutama di segmen heavy dan light duty truck. Oleh sebab itu, pemenuhan pembuatan produk prototipe untuk uji-coba klien menjadi salah satu hal yang kami maksimalkan,” ujarnya.

Selain itu, memasuki kuartal III/2024 VKTR juga baru saja menerima sejumlah pesanan produk dari sebuah perusahaan BUMN untuk menyuplai truk listrik/compactor pertama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Selain itu, VKTR juga telah menambah portfolio pemesanan untuk produk lain diluar bus dan truk, seperti forklift dan transporter. Secara keseluruhan, VKTR tetap berada di jalur untuk mencapai performa bisnis yang optimal, terutama sebagai pelopor di sektor kendaraan listrik komersial," jelasnya.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper